19 Jul 2016
  Humas Berita,

DIY Aman dari Vaksin Palsu

 

Yogyakarta (18/07/2016) jogjaprov.go.id- Bertempat di studio RB TV Yogyakarta, Jl. Ring Road Utara Yogyakarta berlangsung talkshow dan dialog interaktif mengenai vaksin palsu. Dalam acara tersebut, hadir drg. Pembajun Setyaningastuti, M. Kes. sebagai Kepala Dinas Kesehatan DIY, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt. dari Balai Besar POM (Pengawas Obat dan Makanan) dan dr. Mei Neni mewakili IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) DIY.

Kepala Dinas Kesehatan DIY mengungkapkan bahwa selama ini vaksin yang didistribusikan melalui Dinas Kesehatan DIY sepenuhnya berasal dari Kementerian Kesehatan RI. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai keaslian vaksin yang beredar. Mengenai ketersediaan vaksin sendiri, drg. Pembajun yang baru dilantik beberapa hari yang lalu ini menyebutkan bahwa hingga saat ini vaksin yang ada di Dinas Kesehatan lebih dari kebutuhan hingga masih ada stok sekitar 20%.

Pada kesempatan ini dr. Mei Neni menjelaskan lebih detail mengenai vaksin berbagai jenis vaksin. “Memang cukup sulit untuk membedakan vaksin asli atau palsu, karena harus melalui uji laboratorium”, seru dr. Mei Neni.

Sementara itu I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt. menyatakan bahwa permasalahan vaksin selalu dikoordinasikan Balai Besar POM Yogyakarta dengan Dinas Kesehatan. Koordinasi dan sinergi dengan segala pemangku kepentingan membuat pengawasan peredaran vaksin semakin baik. (ALH)

 

 

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: