20 Des 2023
  Humas DIY Berita,

DIY Miliki 2.500 Dosis Vaksin Covid -19 Guna Antisipasi Lonjakan Kasus

Yogyakarta (20/12/2023) jogjaprov.go.id - Angka kasus aktif Covid - 19 di DIY pada Rabu (21/12) menyentuh sejumlah 61 kasus, dengan 1 kasus sembuh.  Oleh karena itu, Kepala Dinas Kesehatan DIY Pambajun Setyaningastutie menghimbau masyarakat untuk segera melakukan booster vaksin Covid - 19 yang saat ini telah tersedia sebanyak 2.500 dosis.

Pembajoen menjelaskan, distribusi ribuan dosis vaksin dari pusat ini bertujuan untuk membantu DIY  mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus. Nantinya, vaksin akan didistribusikan ke Fasyankes di 5 kabupaten kota DIY. Menurutnya, jenis vaksin yang didapat dari pusat ini adalah jenis vaksin inavac.

Target penerima vaksin ini diprioritaskan bagi lansia, penyandang disabilitas, orang tua yang memiliki balita dan kelompok rentan lainnya. Sedangkan untuk masyarakat ber komorbid, Pembajoen menyebutkan, harus tetap ada rekomendasi dokter.

"Vaksin akan kita distribusikan ke kabupaten/kota khususnya ke fasyankes. Tinggal didistribusikan. Mereka yang berkomorbit harus tetap diberikan dengan rekomendasi dokter yang merawatnya," jelas Pembajoen pada Rabu (20/12) di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Pembajoen menjelaskan, dari 61 kasus positif Covid -19 tersebut, 14 kasus tersebar di seluruh kabupaten dan kota di DIY, meliputi Sleman 5 kasus, Bantul 3 kasus dan kabupaten lain terdapat 2 kasus. Dari 14 kasus ini beberapa dilakukan whole genome sequencing (WGS) bagi yang memiliki cycle threshold value (CT) di bawah 30. Kasus-kasus ini didominasi oleh dua hal yakni perjalanan dan pemeriksaan rumah sakit.

Menghadapi potensi lonjakan kasus sebagai dampak natal dan tahun baru, Pembajoen menghimbau kepada masyarakat agar kembali mengetatkan protokol kesehatan. Bukan tidak diizinkan untuk melakukan kerumunan, namun tetap ada pembatasan dan antisipasi khusus agar tidak terjadi penambahan kasus.

“Mulai digiatkan lagi Prokesnya. Ini bukan keharusan tapi kami menghimbau karena kementerian juga masih sebatas menghimbau untuk menggunakan masker kembali. Apalagi mereka yang bergejala ataupun yang punya komorbid, diminta untuk tetap protokol kesehatannya dilaksanakan kembali,” tutup Pembajoen. (uk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: