29 Jun 2022

DIY Raih Merdeka Award 2022 Kategori Pariwisata

Yogyakarta (29/06/2022) jogjaprov.go.id - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY memperoleh penghargaan Merdeka Award 2022 dari media online Merdeka.com. Pada acara penghargaan yang dihadiri Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin secara daring ini, DIY masuk dalam deretan penerima penghargaan Kategori Program Kreatif Pariwisata.

Pemda DIY memperoleh penghargaan ini karena dianggap telah berhasil melakukan pemberdayaan masyarakat di lebih dari 122 desa wisata se-DIY. Bahkan berkat kerja keras Pemda DIY ini, Desa Nglanggeran yang berada di Kabupaten Gunungkidul menjadi nominasi United Nation World Tourism Organization (UNWTO) dalam pengembangan infrastruktur pariwisata berbasis digital. UNWTO merupakan organisasi pariwisata dunia di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam hal pengembangan pariwsata, DIY telah memiliki aplikasi Visiting Jogja. Visiting Jogja merupakan portal informasi pariwisata di DIY yang dapat diakses dengan mudah dan cepat. Portal ini dibuat untuk memudahkan para wisatawan domestik maupun mancanegara menikmati beragam wisata dan fasilitas pendukungnya di DIY.

Penghargaan dan apresiasi bagi pihak yang dianggap mampu menginspirasi ini digelar untuk kedua kalinya. Penyelenggaraan tahun ini digelar di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta. Penghargaan ini mengangkat tema ‘Inspirasi untuk Negeri’.

Dalam sambutannya secara virtual, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin berharap apresiasi dalam Merdeka Award 2022 bisa menstimulus masyarakat Indonesia untuk terus berkarya demi kemajuan bangsa. Menurutnya, berkarya tidak selalu harus dengan gerakan besar, karena dengan gerakan kecil dan konsisten pun sudah dapat menjadi fondasi kuat agar Indonesia menjadi negara yang kuat.

“Saya harapkan penghargaan ini bukan merupakan tujuan, tetapi justru menjadi pemicu untuk terus berkarya bagi masyarakat bangsa dan negara. Saya juga berharap para pemenang penghargaan dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus mendorong munculnya inovasi yang menghasilkan nilai tambah di segala bidang agar kita mampu keluar dari krisis, bahkan menjadi negara yang lebih kuat,” ungkap Ma'ruf.

Dikatakan Ma’ruf, selain gagasan dan aksi nyata untuk menghasilkan inovasi, ragam persoalan yang kini melanda bangsa dan dunia juga membutuhkan kolaborasi untuk menyelesaikannya. “Acara hari ini adalah selebrasi dalam memberikan penghargaan bagi mereka yang telah menyumbang gagasan solusi dan inovasi untuk kemaslahatan masyarakat bangsa dan negara,” ungkapnya.

Pemimpin Redaksi Merdeka.com, Ramadhian Fadillah mengungkapkan, besar kecilnya langkah yang dilakukan bukanlah masalah, asalkan mampu memberikan inspirasi. “Tidak perlu besar, karena setiap gerakan yang membawa perubahan positif layak diberi apresiasi,” katanya. 

Terdapat lima kategori dalam penghargaan Merdeka Award 2022, yakni Program Inovatif untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Inovasi Digital, Program Pemberdayaan UMKM dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

Sementara itu, Managing Director EMTEK Group, Sutanto Hartono mengatakan, dengan dilaksanakannya Merdeka Award diharapkan masyarakat merasakan besarnya dampak yang dapat dilakukan oleh suatu organisasi maupun berdampak terhadap kesejahteraan dan kemajuan terhadap rakyat Indonesia.

“Semoga saja Merdeka Award ini dapat menginspirasi orang lain organisasi lembaga pemerintah bahkan lembaga pemerintah daerah untuk dapat melakukan hal sama atau bahkan lebih,” harapnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: