07 Mar 2018
  Humas Berita,

DIY Targetkan Raih Tiga Juara LSS

Yogyakarta (07/03/2018) jogjaprov.go.id - Sekolah-sekolah DIY di tiap jenjang pendidikan akan kembali berlaga dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional. Pada LSS 2018 ini, DIY menargetkan mampu meraih juara sebagai sekolah sehat untuk tiga jenjang pendidikan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Drs. Kadarmanta Baskara Aji di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta pada Rabu (07/03). Usai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kepala Disdikpora DIY mengatakan, tahun ini DIY kembali mengirim empat sekolah jenjang pendidikan menengah dan dasar. Pada jenjang TK, DIY diwakili TK IT Al Farabi Bantul, jenjang SD diwakili SD Negeri Sungapan Bantul. Untuk SMP, DIY diwakili SMP Negeri 8 Yogyakarta dan SMK Negeri 1 Sewon, Bantul mewakili jenjang SMA/SMK.

“Setiap tahunnya, ada lomba sekolah sehat dan kami selalu mengikutinya. Sebetulnya setiap tahun salah satu atau dua sekolah di antara wakil DIY ada yang menjadi juara nasional. Karena biasanya dua sekolah yang menang, harapannya tahun ini paling tidak tiga sekolah wakil DIY bisa jadi juara nasional LSS,” ungkap Kepala Disdikpora DIY.

Kepala Disdikpora DIY menambahkan, tahun 2017 lalu, dua sekolah wakil DIY berhasil membawa pulang juara, yakni untuk jenjang SMA/SMK berhasil meraih juara satu dan jenjang SMP menjadi juara dua. Menurut Kepala Disdikpora DIY, LSS tingkat nasional tersebut menjadi salah satu kegiatan tahunan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei.

“Setelah ini, tiap sekolah yang mewakili DIY akan mengirim portofolio ke tim penilai di Jakarta. Nanti dari hasil penilaian portofolio itu, tim penilai akan melakukan verifikasi dengan mengunjungi langsung sekolah. Selain verifikasi fisik, pihak sekolah pun akan diminta melakukan presentasi,” imbuh Kepala Disdikpora DIY.

Pada pertemuan tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pun mengucapkan selamat dan penghargaan atas prestasi SMK Negeri 1 Sewon, SMP Negeri 8 Yogyakarta, SD Negeri Sungapan, dan TK IT Al Farabi yang telah memenangi LSS tingkat DIY dan berkesempatan mewakili DIY di tingkat nasional.

“Tentu prestasi ini tidak diraih begitu saja, tetapi dengan usaha, kerja keras secara terus menerus, dan dilaksanakan oleh segenap keluarga besar sekolah, sehingga pantas mendapatkan prestasi sebagai sekolah sehat. Sekali lagi selamat, semoga sukses selalu,” kata Ngarsa Dalem. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: