08 Mei 2018
  Humas Berita,

DIY Tuan Rumah Asian Schools Basket Ball Championships

Yogyakarta (08/05/2018) jogjaprov.go.id – Setelah terselenggara di Solo tahun lalu, 8th Asian School Basket Ball Championship kembali digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 7 – 17 September 2018 nanti di GOR Among Raga. Terkenal sebagai kota pelajar, pusat kebudayaan Jawa, dan tujuan wisata populer, menjadi alasan ditetapkannya DIY sebagai tuan rumah.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora RI, Washington saat ditemui usai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (08/05). Washington menyampaikan pesan Gubernur DIY, acara 8th Asian School Basket Ball Championship hendaknya bisa dikonsep untuk menyisipkan wawasan kebudayaan Jogja kepada peserta kandidat 8 negara.

Washinton mengungkapkan, imbauan Sri Sultan HB X sejalan dengan rencana Kementerian Pemuda dan Olaharaga Republik Indonesia selaku pelaksana kegiatan. “Sama dengan acaranya nanti, tidak hanya sekedar melangsungkan sebuah event. Namun kami akan selipkan unsur-unsur budaya agar kehadiran mereka di Jogja meninggalkan kesan,” ucapnya.

Karena tidak lain, jelas Washinton, salah satu tujuan acara ini memberikan kesempatan kepada atlet pelajar untuk berintegrasi, berinteraksi dan terlibat dalam tukar menukar kebudayaan antar negara Asia. “Selain mempromosikan solidaritas Asia dikalangan pelajar melalui olahraga, mempresentasikan kemampuan berolahraga dan meningkatkan persahabatan internasional, tukar wawasan kebudayaan di masing-masing negara menjadi penting,” jelasnya.

Kepala Seksi Olahraga Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga DIY Eka Heru Prasetya menyampaikan tanggapan yang baik dari Sri Sultan HB X dalam penyelenggaraan event besar 8th Asian School Basket Ball Championship. “Tadi Gubernur DIY mengimbau kami agar bisa saling berkoordinasi dengan baik. Karena hingga saat ini, kami masih menunggu data peserta yang fix,” ujar Eka Heru Prasetya. (Rk)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: