08 Jul 2022
  Humas DIY Berita,

DIY Tuan Rumah Rakernas PGI-W Se-Indonesia Tahun 2022

Yogyakarta (08/07/2022) jogjaprov.go.id – Daerah Istimewa Yogyakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia–Wilayah (PGI-W) se-Indonesia Tahun 2022. Rakernas tersebut rencananya akan berlangsung pada 11-14 Agustus 2022 mendatang.

Hal tersebut diutarakan Ketua Umum Panitia Rakernas PGI-W se-Indonesia Tahun 2022 Purnawan Hardiyanto saat ditemui usai beraudiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Jumat (08/07). Rakernas PGI-W se-Indonesia Tahun 2022 mengusung tema “Aku Adalah yang Awal dan yang Akhir” (Wahyu 22: 12 – 23) dengan sub tema, yakni “Spiritualitas Keugaharian, Membangun Keadaban Publik demi Pemeliharaan Bumi sebagai Sacramentum Allah”.

Didampingi oleh Ketua Umum MPH PGIW Yogyakarta Pdt. Em. Bambang Sumbodo, Purnawan mengatakan bahwa Sri Sultan turut mendukung dan menyambut baik penyelenggaraan Rakernas PGI-W se-Indonesia Tahun 2022 di Yogyakarta ini. Disampaikan Purnawan, keterpilihan DIY sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakernas PGI-W se-Indonesia Tahun 2022 karena pihaknya merasa bahwa Yogyakarta merupakan miniatur Indonesia. Yogyakarta secara geopolitik dan kultural telah memberikan kontribusi positif terhadap dinamika kehidupan secara nasional.

“Kami panitia dan PGI merasa bahwa Yogyakarta itu merupakan miniatur Indonesia. Masyarakatnya sangat majemuk, beragam, dan relatif rukun. Tidak ada gesekan antar umat beragama dan lain sebagainya. Ini yang PGI-W dari seluruh Indonesia akan belajar dari Yogyakarta,” ujar Purnawan.

Identitas Yogyakarta sebagai Kota Pedididikan dan Kota Budaya serta semangat Pemerintah Daerah mewujudkan Yogyakarta sebagai “City of Tolerance” juga dinilai dapat menginspirasi gereja-gereja di Indonesia dalam melakukan penatalayanan secara holistik dan berkesinambungan serta berdampak positif terhadap kehidupan umat Kristen yang visioner. Oleh karena itu, Rakernas PGI-W se-Indonesia Tahun 2022 di Yogyakarta, menjadi momentum strategis guna melakukan konsolidasi, baik dalam perspektif struktur dan jejaring maupun dalam perspektif program yang membumi.

Selain itu, Purnawan juga mengungkapkan, kedatangannya beraudiensi dengan Sri Sultan sekaligus memohon kesediaan Sri Sultan untuk menjadi keynote speaker dalam Rakernas PGI-W se-Indonesia Tahun 2022 mendatang. Adapun menurut Purnawan, Sri Sultan sudah bersedia untuk memberikan keynote speech pada pembukaan Rakerda tersebut.

“Kami sowan dalam rangka memohon beliau (Sri Sultan) menjadi keynote speaker, memberikan keynote speech dalam acara Rakernas PGI Wilayah seluruh provinsi se-Indonesia. Rencananya kami akan memohon beliau untuk menyampaikan keynote speech karena ini topiknya berkaitan dengan moderasi beragama, kerukunan antar umat. Nah ini kami ingin beliau yang akan menyampaikan keynote speech untuk acara tersebut dan beliau sudah bersedia untuk memberikan keynote speech di acara tersebut,” ucap Purnawan.

Diakui Purnawan, selama ia beraudiensi dengan Sri Sultan, pihaknya juga telah mendapatkan banyak arahan. “Kami mendapatkan banyak arahan, bagaimana supaya masyarakat itu rukun. Nilai-nilai itu harus dikedepankan, bagaimana pengalaman-pengalaman gesekan itu bisa segera diatasi dengan baik. Nah itu harus dengan pendekatan-pendekatan yang manusiawi lah bukan pendekatan kekuasaan,” tutup Purnawan. (Han/Hk)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: