13 Agt 2021
  Humas Berita,

DLHK DIY dan Pemkab. Gunungkidul Gelar Vaksinasi Massal di Tahura Bunder

Gunungkidul (13/08/2021) jogjaprov.go.id – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DIY dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan vaksinasi massal bagi masyarakat disekitar kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder. Vaksinasi ini dilaksanakan pada Jum’at (13/08), bertempat di salah satu tempat destinasi wisata di Gunungkidul yakni TAHURA Bunder.

Pelaksanaan vaksinasi massal warga di Tahura Bunder, Kabupaten Gunungkidul dihadiri oleh Sekda DIY yang diwakili oleh Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, Sumadi, S.H., M.H., Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara dalam hal ini  mewakili GKR Mangkubumi, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dan pejabat terkait lainnya.

Sumadi dalam sambutannya, menyampikan informasi bahwa Berbagai upaya preventif telah ditempuh oleh pemerintah, dimana salah satunya adalah pelaksanaan vaksinasi. Vaksinasi Covid-19 adalah program dari pemerintah pusat yang pelaksanaannya didukung oleh pemerintah daerah.  

“Saya mewakili Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DIY juga dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul atas kontribusinya dalam memfasilitasi vaksinasi bagi masyarakat di sekitar Tahura Bunder ini,” ungkapnya saat membuka acara pagi ini.

Sumadi juga menyebutkan, vaksinasi bisa menjadi sebuah contoh bahwa vaksinasi memang sebesar-besarnya ditujukan untuk warga massyarakat yang memenuhi persyaratan, tanpa batasan-batasan asosiatif ataupun kelompok.

“Perlu saya sampaikan, ada hal yang sangat penting bahwa vaksinasi ini bukanlah akhir dari upaya pencegahan meluasnya pandemi, tetapi kita harus selalu melaksanakan budaya 5M, yakni memakai masker, mencuci  tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi, harus tetap dilaksanakan,” ungkapnya lagi.

Adapun Kepala DLHK DIY, Kuncoro Cahyo Aji menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi massal di Tahura Bunder bagi masyarakat di seputar daerah penyangga Hutan Alas Bunder, yakni warga Desa Gading, Desa Ngalang, Desa Nglegi, dan Desa Bunder, merupakan kegiatan vaksinasi pertama yang dilakukan oleh DLHK DIY. Kegiatan vaksinasi pemberian dosis 1 kali ini diikuti sebanyak 500 calon penerima vaksin.

 “Rencana kedepannya akan dilaksanakan kegiatan serupa di 11 titik tematik hutan yang nantinya diusahakan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Tahura Bunder adalah titik lokasi yang pertama, harapannya.. selain berperan kemanusiaan untuk penanggulangan Covid-19, dan juga untuk mencoba memperkenalkan hutan kepada masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan vaksinasi massal di Tahura Bunder, kegiatan kerjasama antara Provinsi DIY, DLHK dan Dinkes DIY dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul “Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai disini, tetapi diharapkan ada kegitan-kegiatan lain yang bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah dengan warga masyarakat,” ucapnya.  

Ia juga menyampaikan informasi terkait kasus Covid-19 di Daerah Gunungkidul. “Covid-19 di Gunungkidul masih cukup tinggi, rata-rata ada 100 yang terpapar setiap harinya, dan yang meninggal juga masih cukup tinggi sekitar 10 orang perhari , yang sembuh juga cukup tinggi diatas 200 orang, yang terkonfirmasi dan isolasi kira-kira sekitar 1.800 orang,” jelasnya.

Sunaryanta menyebutkan bahwa, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul juga tidak hanya menyelenggarakan vaksinasi di kantor-kantor, maupun di rumah-rumah, tetapi vaksinasi di Gunungkidul juga dilaksanakan ditempat-tempat seperti ini, termasuk tempat-tempat ibadah dan tempat wisata yang lainnya. “Capaian vaksinasi di Gunungkidul sampai saat ini  35% dari 595.000. Kita akan dorong terus,” ucapnya.

Safia warga Gunungkidul, sekaligus peserta vaksinasi menyerukan ajakan vaksinasi bagi masyarakat khususnya Gunungkidul “Aku habis vaksin, pokoknya prosesnya cepet banget dan gampang, antrinya juga cepet nggak lama, nggak sakit kok.. Yok semuanya yang belum vaksin buruan vaksin!” ajaknya. (fk)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: