11 Mei 2023

Dubes RRT Ajak Pemda DIY Bahas Detail Kerja Sama Persahabatan

Yogyakarta (11/05/2023) jogjaprov.go.id - Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia, Lu Kang melakukan pertemuan dengan Pemda DIY pada Kamis (11/05) sore di Ruang Rapat Sekda, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Pertemuan ini dilakukan sebagai tindak lanjut penandatanganan perpanjangan MoU kerja sama persahabatan antara DIY dan Kota Shanghai.

Pj Sekretaris Daerah DIY, Wiyos Santoso yang ditemui usai pertemuan mengatakan, sebagai tindak lanjut kerja sama persahabatan DIY-Shanghai, Dubes RRT menawarkan kerja sama terkait sektor pariwisata, pendidikan, dan perdagangan. Pihak RRT juga mengundang Pemda DIY untuk turut serta pada berbagai ajang pameran internasional yang rutin diadakan di Shanghai.

"Jadi tadi dari pihak Pemda DIY memang mengharapkan bisa ada kesepakatan-kesepakatan lebih mendetailkan terkait kerja sama ke depannya. Dan tadi dari mereka mengatakan kami bisa berhubungan lebih lanjut dengan Konsulat Jenderal RRT yang ada di Surabaya terkait beberapa program yang ditawarkan," ungkapnya.

Wiyos menuturkan, salah satu program yang tadi ditawarkan mengenai kesempatan beasiswa bagi ASN DIY yang ingin melanjutkan studi di Shanghai. Terkait event pameran internasional di Shanghai, Pemda DIY berharap Pemerintah Kota Shanghai ataupun Pemerintah RRT berkenan mengirimkan undangan resmi agar Pemda DIY bisa melakukan berbagai persiapan.

"Tadi kami sampaikan juga, kalau memang ada event internasional, kami minta untuk dikirimkan undangan secara resmi. Ini untuk lebih jelasnya jadwal, sehingga kami bisa merencanakan untuk bisa ikut. Dan kita berharap MoU ini tidak sekedar MoU saja, tapi kita harapkan bisa kita realisasikan untuk kemajuan kedua belah daerah maupun negara," imbuhnya.

Wiyos pun menambahkan, MoU persahabatan DIY-Shanghai ini berjalan selama lima tahun untuk setiap periodenya. Penandatangan di akhir bulan lalu merupakan kesepakatan bersama melanjutkan kerja sama untuk periode kedua. Dan di periode kedua ini, diharapkan semakin banyak program kerja sama yang bisa dimaksimalkan.

"Pada perpanjangan MoU periode ini, kami harapkan juga ada detail-detail yang harus ditindaklanjuti. Karena dari evaluasi kerja sama periode sebelumnya, kerja sama kami rasakan kurang maksimal dengan adanya kendala CoViD-19. Mudah-mudahan periode ini bisa lebih maksimal, termasuk kami inginkan dibangunnya rumah persahabatan untuk DIY di Shanghai, karena di sini kami sudah buatkan rumah persahabatan untuk Shanghai," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY, Agus Priono mengatakan, sesuai dengan harapan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X terhadap setiap kerja sama yang dilakukan DIY dengan pihak manapun, kerja sama persahabatan bersama Shanghai ini juga harus bisa membawa dampak signifikan terhadap masyarakat luas, utamanya DIY. Untuk itu, kuantitas program yang dikerjasamakan bukanlah yang utama.

"Jadi tadi saya tekankan kepada mereka bahwa nanti kegiatannya tidak perlu banyak, tapi kami prioritaskan mana yang berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Dan benar jika kerja sama periode kemarin belum bisa maksimal karena ada pandemi, sehingga untuk periode kedua harus kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang membawa dampak signifikan," imbuhnya.

Turut hadir dalam pertemuan kali ini, Kepala Bappeda DIY, Beny Suharsono; Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi; dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Syam Arjayanti. Dan sebagai informasi, Wali Kota Shanghai RRT, Gong Zheng sebelumnya telah datang dan menandatangani kesepakatan perpanjangan kerja sama dengan DIY pada 28 April 2023 lalu di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta. (Rt/Rd)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: