02 Sep 2023

Eratkan Silahturahmi, Dikpora Kominfo FC Juara Piala Satriya 2023

Yogyakarta (02/09/2023) jogjaprov.go.id - Tim Dikpora Kominfo FC yang merupakan pemain gabungan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY ini sukses merai Piala Satriya 2023 dalam laga final yang digelar di Stadion Mandala Krida, Jumat sore (01/09/2023). Dikpora Kominfo FC berhasil menumbangkan dan menekuk perlawanan habis-habisan dari Kespepa FC yang merupakan pemain gabungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY serta Dinas Pariwisata (Dispar) DIY dengan skor akhir 3-0.

Pertandingan berjalan cukup sengit dan menegangkan, di mana tendangan Mukholid Ahmad yang mengenai pemain belakang Kespepa FC membuka skor keunggulan bagi Dikpora Kominfo FC saat laga babak pertama berjalan memasuki menit ke-21. Pada babak kedua, tendangan bebas Yanuar Fandi menambah skor Dikpora Kominfo FC menjadi 2-0 pada menit ke-37. Kemudian Rony Ramadhan dengan skill ciamiknya membuat Dikpora Kominfo FC berpesta gol pada menit ke-49.

Hingga memasuki menit terakhir 62 di babak pamungkas, Kespepa FC tidak mampu mengejar skor yang dicetak pemain Dikpora Kominfo FC. Hasil akhir pertandingan, Kespepa FC berada di posisi dua disusul Satpol PP di posisi ketiga dan keempat ditempati PS Dishub DIY. Pemain andalan Dikpora Kominfo FC, Gunarto pun mendapat gelar sebagai pencetak gol terbanyak dengan total 9 gol.

Ajang mempererat silaturahmi, internalisasi budaya Satriya dan mengembangkan minat maupun bakat di bidang olahraga tersebut diikuti 16 tim gabungan dari 35 perangkat daerah Pemda DIY. Total 32 pertandingan telah dilaksanakan tahap demi tahap sampai puncak acara dengan gotong royong seluruh OPD di lingkungan Pemda DIY. Pertandingan diinisiasi atas kolaborasi seluruh perangkat daerah yang tergabung dalam Satriya FC ini pun melibatkan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI selaku wasit.

Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan pertandingan sepak bola Piala Satriya tidak hanya merupakan kompetisi melainkan juga sebuah wadah silahturahmi, pembelajaran dan pengembangan bakat olahraga yang harus terus di pupuk. Laga ini adalah bukti nyata dalam menjujung tinggi semangat olahraga sebagai sarana menjalin hubungan yang lebih erat serta mengasah potensi keolahragaan khususnya sepak bola kepada pegawai di lingkungan Pemda DIY

" Jadikanlah momen ini sebagai kesempatan belajar tumbuh dan memberi yang terbaik untuk diri kita sendiri, tim dan organisasi. Mari kita jadikan final ini sebagai tonggak prestasi yang telah menginspirasi kemajuan yang tidak kenal lelah. Kami berharap tahun depan lebih diperluas tidak hanya dikalangan OPD tetapi juga di BUMD Pemda DIY," tuturnya.

Ketua Umum KONI DIY Djoko Pekik Irianto menyatakan pihaknya mengapresiasi terselenggaranya liga Piala Satriya 2023 ini. KONI DIY pun berharap lebih banyak lagi pesertanya tahun depan sehingga bisa memunculkan bibit bibit baru para altet dari DIY yang bisa berlaga di kancah Nasional. " Selamat kepada para juara.dan selamat kepada semua peserta yang belum juara untuk berlatih dan dipersiapkan untuk pertandingan di masa yang akan data. Terima kasih pula.atas dukungan dari Asprov. PSSI," ujarnya.

Ketua Umum Satriya FC KPH Yudanegara menyampaikan secara umum laga final pertandingan Piala Satriya 2023 ini berjalan lancar dan sangat luar biasa ditutup dengan kemenangan Dikpora Kominfo FC. Adanya Satriya FC atau kumpulan organisasi bola yang dari OPD di lingkungan Pemda DIY ini telah menjalin silaturahmi dan juga kekompakan guyub rukun bisa saling kenal dan saling mengetahui.

" Selamat kepada Dikpora dan Diskominfo DIY menjadi juara satu dan Kespepa FC sebagai runner up Piala Satriya 2023. Harapannya pertandingan ini bisa dilakukan tahun depan. Tadi ada evaluasi dan usulan tidak hanya OPD tetapi juga BUMD Pemda DIY yaitu Bank BPD DIY, PT Taru Martani dan PT AMI bisa ikut serta tahun depan," terangnya.

Para pemenang pertandingan Piala Satriya 2023 yakni Juara 1, Dikpora Kominfo FC mendapatkan Piala Satriya 2023 dan uang pembinaan Rp 3 juta. Juara 2, Kespepa FC mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp 1,5juta. Tim Satpol PP DIY meraih Juara 3 berupa piala dan uang pembinaan Rp 1 juta. Kemudian PS Dishub DIY meraih Juara 4 dengan piala dan uang pembinaan Rp 500 ribu. Top skor disabet Gunarto, guru olahraga dari SMA N 4 Yogyakarta mendapatkan plakat serta uang pembinaan Rp 500 ribu.(Fn/St/Ts)
-HUMAS DIY-

Bagaimana kualitas berita ini: