20 Des 2022
  Humas DIY Berita,

FlipFlopTV Siap Jadi Wadah Karya Sineas

Yogyakarta (20/12/2022) jogjaprov.go.id – Pandemi Covid-19 telah menyebabkan rangkaian disrupsi dalam tatanan kehidupan tak terkecuali dalam industri kreatif perfilman. Oleh karenanya, eksistensi FlipFlopTV harus bisa menjadi media yang mewadahi para sineas untuk terus berkarya.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengutarakan hal tersebut saat membacakan sambutan Gubernur DIY pada Grand Launching FlipFlopTV yang digelar Selasa (20/12) di kawasan Jogja National Museum, Wirobrajan, Yogyakarta. Sri Paduka mengatakan, efek pandemi Covid-19 pada industri kreatif perfilman membuat proses produksi film terganggu bahkan sempat terhenti, namun sejatinya semangat berkarya tak pernah padam.

Menurut Sri Paduka, kini seiring menuju masa endemi, pertunjukan-pertunjukan seni kreatif perlu dihidupkan kembali. Tidak hanya sebagai hiburan, tetapi sebagai promosi bahwa Yogyakarta aman untuk proses kreatif perfilman dengan keragaman nilai budaya yang melingkupinya.

“Atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, saya menyambut baik hadirnya FlipFlopTV sebagai media yang mewadahi para sineas untuk berkarya meramaikan dunia perfilman tanah air. Selamat dan sukses untuk FlipFlopTV,” tutur Sri Paduka.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur & Founder FlipFlop TV Ricardo Tobing mengatakan FlipFlopTV adalah rumah cerita Indonesia, wadah bagi pelaku industri kreatif dalam berkarya, berekspresi, dan berbagi cerita. FlipFlopTV memberikan produk layanan tayangan hiburan melalui layanan daring yang dikemas secara kolaboratif dan inovatif.

FlipFlopTV mengedepankan nilai-nilai positif serta keberagaman lokal Indonesia dengan berbagai jenis budaya dan seni yang menjadi ciri khas persatuan dan nasionalisme Indonesia. Menurut Ricardo, hal tersebut menjadi kekuatan FlipFlopTV untuk mengangkat dan mempopulerkan khazanah Indonesia serta membangun sektor ekonomi bangsa melalui industri kreatif dan digital.

“Daerah Yogyakarta adalah cikal bakal negeri Indonesia tercinta ini lahir. Kota yang menjadi inspirasi budaya seni, kami memilih Yogyakarta sebagai langkah awal kami dalam memulai semua cerita yang ada. Berkolaborasi dengan seluruh seniman Yogyakarta, baik seniman lukis, tari ,drama maupun musik serta seniman multirupa melalui ciri khas Yogyakarta yang selalu membuat kangen semua orang yang pernah berkunjung ke Jogja,” ucap Ricardo.

Adapun dalam Grand Launching FlipFlopTV yang diselenggarakan bertepatan dengan bulan peringatan Hari Ibu ini, FlipFlopTV merilis serial drama horor komedi anak sebagai pengantar peluncuran perdana. Selain itu, diselenggarakan pula pameran karya seni serta permainan bagi anak-anak di kawasan Jogja Nasional Museum.

Wakil Gubernur DIY  pun berkesempatan membuka pameran seni rupa Art Island Nusamatra kali ini, sekaligus berkeliling melihat berbagai karya seni yang ditampilkan. Pameran tersebut menghadirkan beragam karya seniman, di antaranya Agan Harahap x Broken Pitch, Anang Saptoto, Mbah Atemo Wiyono & Hanafi K. Sidhartha, Sekawan Project, Studio Foto Kilat 56 dan TEMPA.

Masing-masing karya dipersiapkan seniman melalui kerja-kerja kolaboratif lintas personal dan kolektif. Seperti halnya Nusantara, Nusamatra adalah pameran seni yang meyakini kekayaan pengalaman dan pengetahuan segala matra, sepenuhnya hasil dari gugus maupun rimpang kehidupan. (Han/Alh/Tfk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: