15 Nov 2022

Forum Konsultasi Publik: Rancangan Awal RPJMD DIY 2022-2027

Yogyakarta (15/11/2022) jogjaprov.go.id - Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan, penyusunan RPJMD DIY Tahun 2022-2027 ini diwarnai dengan semakin membaiknya indikator-indikator makro daerah, sebagai akibat semakin menggeliatnya kehidupan perekonomian masyarakat. Kondisi ini tentu menjadi titik awal yang menggembirakan, setelah sekian lama kehidupan sosial ekonomi masyarakat DIY dirundung pandemi.

Di samping naiknya angka inflasi yang tercatat di atas rata-rata nasional, Aji juga berharap untuk terus meningkatkan kinerja pembangunan. “Kami berharap situasi ini akan melecut semangat kami untuk terus meningkatkan kinerja pembangunan, sehingga tetap mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Jogja,” kata Aji di Gedung Wisanggeni, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Selasa (15/11).   

Aji menuturkan, seperti yang sudah disampaikan dalam pidato penyampaian visi, misi, dan program calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027 pada 8 Agustus 2022 lalu, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X telah menegaskan, visi Tahun 2022-2027 tidak bisa lepas dari visi RPJMD periode sebelumnya. Untuk itu perlunya menengok kembali capaian-capain yang sudah diraih. Selain itu, perlu juga untuk melihat kembali hasil evaluasi atas capaian perencanaan sebelumnya.

“Dari hasil tersebut, diharapkan kita bisa melihat mana capaian yang sudah berhasil dan mana capaian yang masih belum sesuai dengan target yang dicanangkan, sehingga perlu upaya-upaya lanjutan untuk dapat memperoleh hasil yang diinginkan,” ungkap Aji.

Pada saat penyampaian visi-misi tersebut disampaikan pula tiga pendukung pencapaian visi Pancamulia Masyarakat Jogja, yaitu pengembangan wilayah selatan, reformasi terbatas kalurahan, dan pemanfaatan teknologi informasi. Selain sebagai kelanjutan dari visi-visi sebelumnya, visi RPJMD 2022-2027 diharapkan juga mampu menjadi visi transisi menuju Rencana Pembangunan Jangka Panjang selanjutnya yaitu RPJP 2025-2045 mengingat kurun waktu 2022-2027 merupakan RPJMD terakhir dari tahapan RPJPD 2005-2025.

“Visi ini diharapkan juga akan menjadi gayut dengan visi Indonesia Emas 2045 yang mencita-citakan manusia Indonesia yang unggul, berbudaya, serta menguasai IPTEK, ekonomi yang maju dan berkelanjutan, pembangunan yang merata dan inklusif serta negara yang demokratis, kuat, dan bersih,” imbuh Aji.

Dalam kesempatan ini, terdapat tiga narasumber pada agenda Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RPJMD DIY 2022-2027 yakni, Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono, Ketua STPMD “APMD” Sutoro Eko Yunanto, dan Ketua PMU Pelaksana Harian TP 5 DIY Rani Syamsinarsi.

Beny Suharsono dalam paparannya menyampaikan mengenai permasalahan serta isu-isu strategis permasalahan di Yogyakarta, yakni kemiskinan, ketimpangan pendapatan, ketimpangan antar wilayah, peningkatan pencemaran dan kerusakan lingkungan serta potensi bencana. Beny kembali menekankan terkait isu strategi di DIY yang perlu diselesaikan untuk lima tahun ke depan, di antaranya pengembangan wilayah selatan DIY, respon peluang transnasional, perkembangan teknologi informasi, serta peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia.

Selain itu, isu strategis lainnya yang akan dijalankan ialah pencepatan pembangunan desa, penyederhanaan birokrasi dan pemerintahan simetris-asimetris, penanganan dan pemulihan paska pandemi Covid-19, percepatan penanggulangan kemiskinan, upaya pemajuan kebudayaan, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dan bencana, kesesuaian pemanfaatan ruang, serta kualitas lingkungan hidup.

“Di sisi lain, indikator kinerja yang diutamakan akan ditautkan dengan permasalahan-permasalahan besar dan isu strategis. Tujuannya untuk terwujudnya kualitas hidup kehidupan penghidupan masyarakat, mengecilnya ketimpangan wilayah, terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, dan terwujudnya lingkungan hidup yang lebih baik,” imbuhnya.

 

Beny beraharap, perancangan awal ini nantinya akan menjadi rancangan akhir yang disepakati oleh semua komponen masyarakat DIY, menerjemahkan harapan Gubernur DIY yang sudah tertera pada visi misi RPJMD DIY tahun 2022-2027. (Ih/Ip/Jon)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: