17 Mei 2023
  Humas DIY Agenda Kegiatan,

GKBRAA Paku Alam Mengenakan Busana Khas Daerah Turut Meriahkan HUT Dekranas ke-43

Medan (16/05/23) jogjaprov.go.id - Perhelatan HUT DEKRANAS ke-43 digelar di Ballroom Convention Hall Santika Premiere Dyandra Kota Medan Sumatera Utara, Selasa (16/05).
Secara resmi acara HUT yang digelar ini ditandai pemotongan tumpeng oleh ibu negara, Iriana Joko Widodo yang diserahkan kepada ketua Dekranas Wury Ma'ruf.


Pada kesempatan itu GKBRAA Paku Alam yang akrab dipanggil Gusti Putri hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Dekranasda DIY beserta pengurus lima kabupaten Dekranasda Kabupaten/Kota se-DIY.

Kegiatan Dekranas yang mengusung tema "Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya" tersebut diharapkan menciptakan generasi perajin yang unggul, untuk bisa menggali, melestarikan warisan budaya bangsa dan lebih mencintai produk milik sendiri.  Sementara itu Ketua Umum Dekranas, Wuri Ma'ruf menyampaikan bahwa, di usianya ke- 43 ini Dekranas diharapkan semakin Produktif dan kreatif dalam memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara.

Menurutnya saat ini keberadaan pengrajin di daerah berkurang akibat regenerasi belum berjalan dengan baik. Karenanya Dekranas akan terus melaksanakan program-program untuk melahirkan wirausaha baru, tandasnya. Dalam perhelatan ini beberapa Ketua Dekranasda juga turut menampilkan busana berbahan khas daerah. Peragaan busana yang diiringi lagu dan tarian antara lain menampilkan wakil dari Daerah Istimewa Yogyakarta GKBRAA Paku Alam, Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atika Praratya serta yang lainnya.

Dalam kesempatan tersebut digelar acara 'Getaran Karya Rasa' sebagai nafas perajin Indonesia yang dicerminkan dalam sebuah karya seni yang didukung oleh beberapa seniman, turut mewarnai perhelatan tersebut. Ibu negara juga membuka Pelatihan Wira Usaha Baru serta meninjau kegiatan Pelatihan Tenun dan Kriya serta pembukaan pameran Dekranasda seluruh Indonesia di lapangan Banteng, Medan. Acara yang dihadiri oleh 1.496 undangan berlangsung semarak dengan penampilan penyanyi papan atas Ari Laso menghibur para undangan. (teb, ts)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: