30 Okt 2012
  Humas Berita,

GKR Hemas Dilantik Sebagai Ketua Penggerak PKK 2012-2017 DIY

GKR Hemas Dilantik Sebagai Ketua Penggerak PKK 2012-2017 DIY

Sultan harapkan:Dalam Programnya Kader PKK mempunyai peran sebagai peliopor penggerak pembangunan dalam mewujudkan keluarga harmoni.


KEPATIHAN,YK (29/10/2012)pemda-diy.go.id.
Untuk dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, keluarga harus dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan yang cukup oleh kader-kader TIM penggerak PKK . Artinya kader-kader TP.PKK berkewajiban menjadi penggerak program-program pro poor melalui program pro jobs.

Karena sejak kelahirannya gerakan PKK sudah menyandang misi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga melalui pengembangan ekonomi, yaitu usaha-usaha rumah tangga atau home industry yang berbasis pada ketrampilan perempuan.

Demikian disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Ketua Dewan PenyantunTP.PKK Tingkat DIY pada Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK DIY oleh Ketua Umum PKK Ny.Hj.Vita Gamawan Fauzi siang tadi ( Senin,29/10) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta yang juga dihadiri Sekjen Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Dalam Negeri Diah Anggraini dan undangan.

Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, lebih lanjut mengatakan bahwa misi pemberdayaan masyarakat itu ada keterkaitannya dengan upaya-upaya pengentasan kemiskinan satu diantara sebelas pesan Presiden RI ketika melantik Gubernur DIY dan wakil Gubernur DIY 10 Oktober yang lalu, yaitu semua kiprah dan kehendak gerakan PKK adalah untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas bagian dari karakter building yang bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri, keluarga kecil berwawasan, bertangghung jawab harmonis dan bertaqwa.

Menurut Gubernur DIY, keluarga yang dicitakan itu dimana keluarga sehari-hari menerapkan konsep saling yaitu saling menyayangi dan mempercayai , saling menghormati dan menghargai kedudukan dan profesi masing-masing dalam keluarga sehingga saling mengisi, yang menumbuhkan kehidupan keluarga harmonis yang uji keberhasilannya adalah sury tauladan orang tua. Tandasnya.

Dikatakan Sultan keluarga adalah lingkungan terbentuknya kepribadian , pranasosial pertama yang mengemban fungsi strategis dalam membekali anak anak untuk tumbuh dan berkembang, sebab disini pula tersemai nilai-nilai moral , agama kemanusiaan, kebangsaan dan keadilan social.

Sementara itu Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Ny.Hj.Vita Gamawan Fauzi S.H menyatakan bahwa, PKK sangatlah penting bagi dasawisma, karena dasawisma merupakan kelompok terdepanyang mana PKK juga berguna untuk mengembangkan kesejahteraan keluarga. Untuk itu Ny Vita berpesan untuk jangan tinggalkan dan gandeng PKK. Dikarenakan PKK berperan langsung dalam gerakan MGDs.

Dibagian lain dalam kesempatan itu Vita Gamawan Fauzi menambahkan bahwa Ketua Tim PenggerakDIY sebagai istri Gubernur kedepan diberikan kesempatan menjadi anggota partai politik atau anggota legislatif maupun DPD. namun dalam ketugasannya yang bersangkutan harus menunjuk penggantinya baik dia selaku wakil Ketua Tim Penggerak PKK, atau yang ditunjuk, untuk melaksanakan tugas kesehariannya. Hal ini tandas Vita gamawan Fauzi sesuai dengan hasil Rakernas ke 7 tahun 2010 yang lalu.

Oleh karena itu gerakan PKK dalam melaksanakan kegiatannya harus disesuaikan dengan kebutuhan, potensi kerafifan lokal dengan daerah yang ada kekhususannya di daerah yang bersangkutan.

Dalam kesempatan itu ny.Vita Gamawan Fauzi mengajak kepada seluruh jajaran PKK DIY untuk menyuarakan kembali keberadaan Kelompok Dasa Wisma sebagai kelompok terdepan yang sangat potensial dalam PKK. Karena Dasa Wisma tidak dimiliki oleh lembaga kemasayarakan lainya di masyarakat .

Lebih lanjut Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan bahwa masih tingginya kondisi masyarakat miskin di DIY, dan bahkan diperparah oleh angka pengangguran, angka putus sekolah , gizi buruk balita, penyakit menular , kekerasan pada keluarga, penyalahgunaan narkotika dan zat-zat adiktif lainnya dan kasus HIV Aids yang merusak proses pesemaian itu .

Untuk itu Ketua Dewan Penyantun berharap sebagai kader PKK mempunyai peran sebagai peliopor penggerak pembangunan dalam mewujudkan keluarga harmoni. Selain itu hendaknya program kerja PKK bisa mengakomodasi dalam memenuhi hak-hak perempuan .

Pelantikan GKR Hemas sebagai Ketua Tim Penggerak PKK DIY masa Bhakti 2012-2017 ditandai dengan penandatangan berita Acara Pelantikan serta penyerahan Piagam Penghargaan dari Pemerintah yang diserahkan oleh Ketua Umum oleh katua Tim Penggerak PKK Pusat Ny.Hj.Vita Gamawan Fauzi SH kepada GKR Hemas yang disaksikan oleh Ketua Dewan Penyantun Tim Gerakan PKK DIY Sri Sultan HB X .(Tim Humas DIY)

 

Bagaimana kualitas berita ini: