04 Jun 2012
  Humas Berita,

GKR Hemas Lepas Jalan Sehat Peringati HUT YKI Ke-35

GKR Hemas Lepas Jalan Sehat Peringati HUT YKI Ke-35

Sultan: Sebagian Jenis Kanker Dapat Dicegah Dengan Menghindari Faktor Penyebab Kanker

YOGYAKARTA (03/06/2012) pemda-diy.go.id
Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang DIY, GKR Hemas, melepas peserta jalan sehat dalam rangka peringatan HUT YKI ke-35, di Jogja Ekspo Center, Minggu (03/06) pagi. Pelepasan ditandai dengan pengibasan bendera start oleh GKR Hemas, didampingi Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX dan Bupati Bantul Hj. Sri Surya Widati. Bersamaan dengan jalan sehat, di tempat yang sama juga diselenggarakan senam bugar lawan kanker.

Gubernur DIY Sri Sultan dalam sambutan tertulisnya mengemukakan, sebagian jenis kanker dapat dicegah dengan kebiasaan hidup sehat dan menghindari faktor penyebab kanker, seperti misalnya rokok, bahan kimia, minuman alcohol dan lainnya.

Penyakit kanker lanjutnya, dapat disembuhkan bila ditemukan dalam stadium dini dan segera diobati secara cepat dan tepat. Oleh karena itu, deteksi dini perlu dilakukan, melalui pap-smaer untuk kanker leher rahim, serta SADARI (periksa Payudara Sendiri) untuk kanker payudara.

Kedua jenis kanker ini yang paling tinggi angka kejadiannya. Maka deteksi dini perlu dipahami oleh masyarakat luas, tutur Sultan.

Ditambahkan, di Indonesia setiap tahun ditemukan sekitar 100 penderita baru dari 100 ribu penduduk. Banyaknya penderita ini dikarenakan masyarakat belum memahami tentang cara pencegahan serta deteksi dini kanker, sehingga kanker ditemukan lebih dari 80% dating dalam keadaan lanjut. Untuk itu Sultan berharap, penanggulangan kanker tidak hanya dilakukan oleh YKI dan Dinas Kesehatan saja, namun juga dilakukan oleh semua masyarakat termasuk masyarakat yang sekarang mengikuti kegiatan ini, yang telah melakukan pola hidup sehat dengan berolahraga.

Untuk diketahui, jalan sehat dalam rangka peringatan YKI ke-35 menempuh jarak 4 kilometer, diikuti sekitar 1600 orang. Sementara rangkaian kegiatan peringatan yang bertema Peduli dan Cegah Kanker Serviks, meliputi penyuluhan kanker dan melaksanakan pap-smear gratis untuk ibu-ibu di hunian sementara Dusun Gondang, Cangkringan, Sleman.

Puncak peringatan HUT YKI ke-35 akan dilaksanakan di Aula YKI Cabang DIY, Sendowo G-1B Rt 013 RW 056, pada Jumat (08/06) mendatang, dengan acara antara lain penandatanganan Kesepakatan Bersama YKI Cabang DIY dengan Mitra Kerja. (rsd)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: