08 Jul 2024
  Humas DIY Berita,

Grebeg UMKM DIY, Dukung Industri Ekonomi Kreatif

Yogyakarta (08/07/2024) - Grebeg UMKM DIY telah memberikan banyak kontribusi dalam perkembangan industri kreatif di DIY. Ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor penting di DIY sebagai pendukung yang tidak terpisahkan dalam pengembangan sektor pariwisata, salah satu sektor unggulan DIY.

Hal demikian disampaikan oleh Ketua Harian Dekranasda DIY, GKBRAA Paku Alam dalam sambutannya pada acara Soft Launching Grebeg UMKM DIY 2024 di Gedung Heritage Bank Indonesia DIY, Yogyakarta, Senin (08/06). Grebeg UMKM DIY tahun ini akan disinergikan dengan harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI).

Gusti Putri menyampaikan, kegiatan Grebeg UMKM DIY ini tentunya perlu kolaborasi dan dukungan bersama untuk mencapai tujuan pertumbuhan perekonomian yang kuat. Serta dapat mewujudkan kemandirian ekonomi DIY khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

“Kegiatan Grebeg UMKM DIY ini diharapkan menjadi akselerasi untuk mendorong masyarakat menggunakan produk dalam negeri. Serta meningkatkan minat antusias masyarakat untuk berwisata dalam negeri, khususnya di wilayah DIY,” ungkap Gusti Putri.

Gusti Putri pun berharap, semoga kegiatan ini dapat memberikan semangat dan motivasi lebih bagi pelaku industri kreatif untuk terus mengembangkan kualitas produknya. Dan semoga acara harvesting Gernas BBI/BBWI – Grebeg UMKM DIY 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta memberikan kontribusi dan manfaat yang diharapkan.

Deputi Kepala Perwakilan BI DIY, Hermanto mengatakan, Grebeg UMKM DIY ini sebagai salah satu perwujudan kontribusi dalam mengimplementasikan bauran kebijakan utama Bank Indonesia di daerah secara terintegrasi yang berbasis stability, growth, dan inclusion. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak nyata, seperti pengendalian inflasi dan ketahanan pangan, penguatan sektor prioritas, pengembangan ekonomi keuangan yang inklusif dan hijau, serta perluasan ekonomi dan keuangan digital.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu dan seluruh pihak yang terlibat. Kami berharap, nantinya kegiatan Grebeg UMKM DIY ini bisa mendorong dan membuat produk UMKM kita semakin berkualitas dan menembus hingga nasional,” kata Hermanto.

Kegiatan Grebeg UMKM DIY 2024 nantinya akan berkolaborasi dengan Jogja Fashion Trend dengan mengangkat tema Gumaton (Digital, Hijau, Mendunia, Sustainable, Inovatif, dan Inklusif). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Gerakan Nasional, Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia yang puncak acaranya akan diselenggarakan pada 7-11 Agustus 2024 di Pakuwon Mall Jogja, Yogyakarta. (ham/jon/yd)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: