06 Mei 2018
  Humas Berita,

Gubernur DIY Semangati Warga Lansia dalam Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tingkat DIY

Bantul (06/05/2018) jogjaprov.go – Di bawah rimbunnya pohon serta bertiupnya semilir angin laut pantai selatan, ratusan peserta melakukan senam pagi dengan semangat pada Minggu (06/05) pagi di Pantai Baru, Poncosari, Srandakan, Bantul. Senam massal tiga generasi (Lanjut Usia, Dewasa dan Anak/PAUD) tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati puncak acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat DIY tahun 2018.

Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X dalam kesempatan tersebut mengajak kepada para hadirin untuk tetap bersemangat  beraktivitas di lingkungannya walaupun sudah lansia. Dengan menjaga kebugaran, Sultan mengimbau untuk melakukan chek up kesehatan secara rutin.

Disampaikan pula bahwa selama pikiran bisa bekerja dengan baik, maka lansia bisa melakukan aktivitas sosial dengan baik. Penting melakukan aktivitas sosial dengan baik, agar tetap sehat dan bermanfaat. “Jangan kalau sudah pensiun, terus merasa tua dan hanya tinggal di dalam rumah saja, itu akan membuat nglangut” (Jw), tandasnya.

Sementara itu dalam laporannya Kepala Dinas Sosial DIY, Drs. Untung Sukaryadi, MM menyampaikan bahwa peringatan HLUN tersebut merupakan kerja sama antara Pemda DIY dan Pemkab Bantul yang dikemas dalam bentuk Bulan Bhakti Lanjut Usia. Adapun kegiatannya meliputi lokakarya, bakti sosial bedah kamar lansia, lomba menyanyikan Mars Lansia serta pada puncaknya adalah senam massal tiga generasi dan festival kuliner karya lansia.

Adapun tema yang diusung adalah “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia”. Menurut Drs. Untung Sukaryadi tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah  mempersiapkan generasi muda untuk mewujudkan lansia sehat, aktif dan bermartabat, selain itu memperkuat hubungan lintas generasi yang harmonis menuju lansia bermartabat serta melindungi lansia menuju lansia sejahtera dan bermartabat.

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula bantuan kepada lansia, serta pemberian hadiah kepada para peserta lomba oleh Gubernur DIY serta pengukuhan Komda Lansia Kabupaten Bantul oleh Bupati Bantul Drs. Suharsono.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Penelitian Pupensos, Direktur Rehabilitasi Sosial, Anggota DPRD DIY, Unsur Forkorpimda, Para Kepala SKPD DIY maupun Kabupaten Bantul serta tamu undangan. (teb)

Bagaimana kualitas berita ini: