29 Nov 2011
  Humas Berita,

Gubernur DIY Terima Anugrah ICT Leadership Award 2011 dari ASOCIO

Gubernur DIY Terima Anugrah ICT Leadership Award 2011 dari ASOCIO

Chairman Of ASOCIO Looi Kien Liong menyerahkan Anugerah ASOCIO ICT SUMMIT kepada Gubernur DIY yang diterima Wakil Gubernur DIY Paku Alam IXBale Raos,Kraton,Yogyakarta(29/11/2011)pemda-diy.go.id. Tuntutan akan adanya pelayanan pemerintah yang semakin baik kepada masyarakat, mengharuskan Pemerintah Provinsi DIY untuk segera melaksanakan proses transformasi menuju e-government, yang akan memberikan keunggulan seperti memperpendek berbagai persyaratan birokrasi serta menyederhanakan akes ke semua informasi dan layanan public yang harus disediakan oleh pemerintah .

Penegasan demikian disampaikan Gubernur DIY dalam sambutan tertulisnya yang dibacaklan Wakil Gubernur Paku Alam IX semalam (Selasa,28/11) ketika menjamu makan malam peserta Konferensi Asian-Oceanian Computing Industry Organizatin (ASICIO) Tahun 2011 di Bale Raos,Kraton Yogyakarta yang juga dihadiri oleh Chairman Of ASOCIO Looi Kien Liong, Chairman Of Word Information Technology and Services Alliance Dato DanE.Khoo dan Chairman of Federasi Tekhnologi Informasi Indonesia (FTII) Teddy Sukardi, Chairman of ASOCIO ICT SUMMIT 2011 Riyanto Gozali

Dalam sambutannya Chairman Of ASOCIO Looi Kien Liong menjelasakan bahwa ASOCIO yang berdiri Tahun 1984 di Tokyo Jepang telah mendedikasikan diri untuk mempromosikan, mendorong dan membina hubungan kerjasama serta mempromosikan perdagangan antara organisasi anggotanya. Sebagai federasi asosiasi industri computer dari kawasan Asia-Osaeania, Asia-Osaeania mempunyai tujuan untuk mengembangkan masnyarakat dari industri computer di kawasan Asia-Osaeania termasuk Indonesia.

ASOCIO menurut Looi Kien Liong telah memainkan peranan dalam hubungan kerjasama dengan perusahaan TI dalam anggotanya. ASOCIO ICT SUMMIT tandas Looi Kien Liong adalah salah satu forum TI tertinggi dalam organisasi, menyediakan flatform bagi pemerintah dan industri untuk berbagi informasi, mengembangkan hubungan yang lebih dekat, dan yang terutama mengidentifikasi peluang bisnis baru bagi UMKM.

ASOCIO yang beranggotakan 22 negara yaitu: : Australia, Bangladesh, Cambodia, Hongkong, India, Indonesia, Japan, Laoas, Malaysia, Macao, Mongolia, Myanmar, Thailand dan Vietnam, Nepal,New Zeland,Pakistan,Pilippines,Singapora,Soutg Lanka, Canada, Spain, Russia,France dan Kenya mempunyai misi menjalankan peran FTII sebagai fasilitator TI di Indonesia bagi pengembangan Industri TI yang melibatkan perusahaan-perusahaan multinasional yang bergerak dan terlibat baik langsung maupun tidak langsung serta membantu membangun platform dan jaringan bisnis diantara anggota FTII di Indonesia untuk dapat berkompetisi secara lokal dan global.

Dengan dilaksanakannya Konferensi ASOCIO ICT SUMMIT 2011 di Yogyakarta selama 4 hari lersebut Gubernur DIY selain menyambut baik dan memberikan apresiasi juga menyatakan bahwa dengan paradigma baru melakukan transformasi birokrasi di Pemerintah Provinsi DIY kami menginisiasi munculnya konsep Jogja Cyber Province. Langkah selanjutnya yaitu disusunlah sebua blueprint pengembangan TIK, yang dikenald engan nama Blueprint Jogja Cyber Province dan Program pengembangan TIK yang dikenal dengan Digital Governmet Services (DGS).

Di dalam Blueprint Jogja Cyber Province, tersebut lanjut Gubernur DIY melalui Paku Alam IX tertuang strategi, Framework, dan landasan kerja dengan didukung oleh penyediaan infrastruktur dan sumber daya manusia yang professional. Sebagai contoh seluruh unit kerja yang berada di lingkuingan Pemerintah Provinsi DIY kini telah terkoneksi dalam jaringan internet/intranet, sehingga memudahkan pertukaran data/informasi anatar unit kerja.

Pemerintah Provinsi DIY menurut Gubernur DIY harus mampu untuk mengadakan perubahan arah atau orientasi layanan yang tadinya lebih cenderung bersifat government centric menuju ke citizen centric. Perubahan cara pandang menuju citizen centric ini kemudian dituangkan melalui portal www.jogjaprov.go.id, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan informasi yang lebih baik kepada masyarakat.

Dengan demikian tegas Sultan budaya kerja baru tentu akan terjadi, di mana proses kerja yang tadinya bersifat manual kini bergerak ke system otomatisasi.

Dalam kesempatan jamauan makan malam tersebut ASOCIO ICT SUMMIT 2011 memberikan Agugrah ASOCIO ICT SUMMIT kepada Gubernur DIY yang diserahkan oleh Chairman Of ASOCIO Looi Kien Liong kepada Wakil Gubernur DIY mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Anugrah Penghargaan ICT Leadership Award 2011 dari ASOCIO menurut Chairman of Federasi Tekhnologi Informasi Indonesia (FTII) Tedi Sukardi ini karena konsistensi Pemimpin Yogyakarta yaitu Gubernur DIY Sri Sultan Hemngku Buwono X telah menunjukkan Leadershipnya yaitu kepemimpinanya untuk mendorong implementasi tekhnologi informasi di wilah DIY . Konsistensi tersebut dilihat dan diamati ASOCIO selama ini dan ternyata Yogyakarta dilihatnya abanyak yang positif dari pada negatifnya. Bagaaimana komunitasnya berkembang dengan TI, bagiamana masyarakat Jogja juga dilayani oleh pemerintah dengan TI , bagimana sector pendidikan berkembang dan itu banyak kontribusi dari kepemimpinan Gubernur Sri Sultan HB X.

Menurut Tedi Sukardi factor kepemimpinan seperti Gubernur DIY Sri Sultan HB X ini sangat penting. Sri Sultan telah konsisten dalam kepemimpinannya mengalokasikan anggarannya yang cukup untuk TI , ya Insyaallah TInya jadi maju.

Selain Gubernur DIY dalam cara jamuan makan malam tersebut Tedi Sukardi sebagai pendorong TI di Indonesia juga menerima ICT Leadership Award dari ASOCIO. (Kar)

Humas Ro UHP Provinsi DIY

Bagaimana kualitas berita ini: