16 Des 2022
  Humas DIY Berita,

Harga Komoditas Pangan di Pasar Prawirotaman Relatif Lebih Murah

Yogyakarta (16/12/2022) jogjaprov.go.id - Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sumadi S.H., M.H. mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil pantauan Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) DIY pada Jumat (16/12), harga beberapa komoditas di Pasar Prawirotaman justru lebih murah. Jika dibandingkan dengan pantauan pasar sebelumnya, seperti di Pasar Kranggan dan Pasar Beringharjo. Dalam kunjungan kali ini turut hadir perwakilan dari Biro Perekonomian DIY, Satgas Pangan Polda DIY dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY.

“Jadi ada beberapa komoditas yang lebih murah. Kalau tadi ada yang lebih mahal seperti daging ayam agak tinggi. Rata-rata relatif harganya stabil, stok aman dan tersedia dan harganya tidak terlalu naik,” ungkap Sumadi.

Pada kesempatan kai ini Sumadi turut mengapresiasi kebersihan Pasar Prawirotaman. Setelah berkeliling setiap lantai dan memeriksan beberapa los pedagang, suasana pasar tampak bersih, rapi dan nyaman. “Jadi kami pada pagi hari ini memantau beberapa tempat, salah satunya di Pasar Prawirotaman ini, terhadap kesiapan kita menghadapi Natal dan Tahun Baru. Dari hasil pemantauan yang kita dapatkan, kondisi pasar bersih sehingga nyaman untuk para pelanggan yang datang,” terangnya.

Tim TPID DIY juga berkunjung ke lantai 4 Pasar Prawirotaman yang digunakan sebagai co-working space. Terdapat beberapa ruangan yang bisa digunakan bagi masyarakat umum. Seperti ruang editing, fotografi, dan ruang kerja yang nyaman. Revitalisasi Pasar Prawirotaman dilakukan Kementerian PUPR agar bisa menjadi pusat kegiatan ekonomi sekaligus objek wisata di Kota Yogyakarta.

“Saya sangat mendukung penuh Pasar Prawirotaman ini menjadi pasar pangan aman berbasis komunitas di mana seluruh komunitas sadar terhadap risiko kandungan bahan berbahaya pada bahan pangan. Sehingga masyarakat terlindungi dari risiko gangguan kesehatan untuk mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai kota yang sehat dan aman,” tutur Sumadi.

Pantauan TPID berlanjut ke Superindo Jl. Menukan No.1-3, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Harga bahan pokok juga relatif stabil dan jika ada kenaikan tidak terlalu tinggi. Untuk bahan pangan yang tidak tersedia stoknya, biasanya selalu ada subtitusi yang bisa dibeli masyarakat. Komoditas sayuran di Superindo tidak mengalami kenaikan.

Harga beberapa komoditas di Pasar Prawirotaman per kilogram adalah: beras medium Rp11.500, beras premium Rp13.000, minyak goreng curah sekitar Rp14.000, Minyak Kita Rp13.000, telur Rp29.000, gula Rp13.000, cabai rawit hijau Rp60.000, cabai rawit merah Rp35.000, ayam potong Rp36.000, ayam potong kecil Rp38.000, dan daging sapi Rp130.000. (Wd/Hr)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: