06 Apr 2013
  Humas Berita,

Hari Ini Sultan Terima Rektor Selcuk University, Konya, Turki

 

KEPATIHAN,YOGYAKARTA (6/04/2013) portal.jogja.prov.go.id. Meskipun hari ini (Sabtu) hari libur untuk Pemda yang melaksanakan 5 hari kerja, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang didamping Kepala BKPM DIY Drs.D. Supratikto di Gedung Wilis,Kepatihan,Yogyakarta tetap menerima kunjungan Rektor Selcuk University,Konya, Turki Prof.Dr. Hakki Gokbel yang didampingi Wakilnya Prof.Dr. Mehmet Meesa Ozcan serta Mahasiswa Indonesia yang tugas belajar di Universitas tersebut Hari Basuki.

Rektor Selcuk University Prof.Dr. Hakki Gokbel ke Yogyakarta bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk perkenalan juga dalam rangka menindaklanjuti kerjasama pendidikan dengan dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai universitas tertua dan terbaik di Indonesia.

Menanggapi hal itu Gubernur DIY menyambut baik terjalinnya kerjasama dengan UGM tersebut mengingat UGM juga banyak mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di Turki, Bahkan dalam kesempatan dialognya dengan Rektor Selcuk Sultan ,menawarkan/mengusulkan kerjasama yang akan dijalin tersebut bukan saja hanya dibidang pendidikan dengan tukar-menukar mahasiswa dan dosen, namun bisa diperluas yaitu kerja sama dibidang lain seperti kerjasama di bidang Riset, bidang Kebudayaan dan Agama sebagaimana telah terjalin dengan universitas dari negara lainnya, seperti jepang misalnya.

Hal ini disampaikan kepada Rektor Hakki Gokbel karena antara Indonesia dan Turki mempunyai sejarah panjang yang sama bahkan banyak warga Turki yang dahulu hanya berdagang atau siar agama akhirnya menetap di Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut harapan Sultan Rektor Selcuk bersama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Turki bisa kiranya mencarikan provinsi di Turki yang hampir sama dengan Jogja untuk dijalin kerjasama sebagai Sister Province sebagai mana dilakukan Jogja dengan provinsi lainnya di luar negeri

Menyangkut usulan Sultan tersebut Rektor Selcuk mengapresiasi dan menunggu usulan tersebut bisa dilaksanakan/direalisasikan kapan, dia sangat menunggu kerja sama seperti ini bisa terwujud.

Menyinggung kerjasama dibidang pendidikan, riset dan kebudayaan lebih lanjut Sultan berharap dengan kerjasama seperti itu akan dimungkinkan terjadi dialog yang intens antara pendidikan Jogja khususnya dan Indonesia pada umumnya dengan bidang pendidikan di Turki sebagai jembatan untuk kemajuan pendidikan di Asia.

Disamping itu dengan terjadinya dialog budaya ini akan memberikan kontribusi pembangunan masyarakat Muslim yang katanya terbesar di Asia saat, namun sebenarnya terpuruk perkembangannya karena akibat dari kemunduran moralitas muslim itu sendiri. Dengan demikian akan terbangun kembali kejayaan Muslim seperti masa lalu.

Setelah dialog akrab antara Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X kurang lebih 1 jam dengan Rektor Selcuk, Konya, Turki, pertemuan diakhiri dengan tukar menukar Cinderamata dan selanjutnya Rektor Selcuk akan menuju UGM Yogyakarta untuk mnenandatangani kerjasama dengan Universitas tertua di Indonesia tersebut yaitu UGM. (kar/sis)

 

 

HUMAS DIY.

Bagaimana kualitas berita ini: