20 Jul 2022
  Humas DIY Pemda DIY,

Hari Jadi ke-191 Bantul, Momentum Introspeksi dan Retrospeksi

Bantul (20/07/2022) jogjaprov.go.id – Peringatan Hari Jadi ke-191 Kabupaten Bantul Tahun 2022 harus menjadi momentum untuk introspeksi dan retrospeksi, sebagai upaya mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Segenap unsur pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bantul harus bangkit, sejalan dengan tujuan mulia tersebut.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan hal demikian saat menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Jadi ke-191 Kabupaten Bantul Tahun 2022, Rabu (20/07) di Lapangan Trirenggo, Bantul. Dengan iringan tema “Bantul Gumregah Mewujudkan Masyarakat yang Harmonis, Sejahtera, dan Berkeadilan”, sudah sewajarnya Bantul bisa bangkit bersama, menuju kabupaten yang lebih makmur dan sejahtera.

“Bagaimanapun, Gumregah bukanlah kata benda dan sekadar wacana, tetapi harus menjadi kata kerja yang berlanjut dalam orkestrasi pembangunan untuk mewujudkannya,” tutur Sri Sultan.

Gumregah akan tercapai menjadi realita khususnya atas dukungan, partisipasi, dan kontribusi dari segenap warga Kabupaten Bantul tanpa terkecuali siapa pun ia. Dengan didukung penyelenggara negara yang bekerja cerdas dan berkeadilan; pendidik dan pelajar yang kreatif dan ikhlas berlandaskan keilmuan; rohaniawan yang mengamalkan kesalehan ritual dan kesalehan publik serta menyatukan zikir dan pikir; wirausahawan yang inovatif dan didukung oleh warga yang kreatif, bisa diharapkan lahirnya model sinergisitias untuk meraih cita-cita luhur, yakni  “Bantul: The Harmony Of Nature And Culture”.

“Saya ucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Bantul yang ke-191. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah serta rahmat-Nya bagi keselamatan, kesejahteraan, serta kedamaian segenap warga masyarakat Kabupaten Bantul,” tutup Sri Sultan.

Dalam laporannya, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyampaikan, di usia yang ke-191 tahun ini, Bantul telah bekerja keras untuk memajukan ekonomi, pelayanan publik, dan kesejahteraan masyarakat. Tugas-tugas strategis seperti melanjutkan program pemerintah daerah, pembangunan SDM, menurunkan angka stunting, mewujudkan Bantul ramah anak, dan Bantul yang bersih telah dilaksanakan dengan maksimal.

Selain itu, Halim juga memastikan telah bekerja untuk memastikan kemajuan potensi daerah yang dimiliki. Hal itu dilakukan dalam rangka mewujudkan Bantul sebagai kabupaten yang kreatif di dunia, seperti pengakuan dari UNESCO.

“Dengan membangun ekosistem kreatif dari atas hingga ke bawah, saya berharap bisa memakmurkan masyarakat Bantul. Salah satunya adalah berkembangnya industri kreatif, yaitu kreatif  recycle  dan  up-cycle atau disebut daur ulang dan peningkatan daur ulang, hingga bisa membantu menyelesaikan rumitnya urusan sampah,” jelas Halim.

Selama tahun 2022, sederet prestasi telah diraih oleh Kabupanten Bantul. Opini WTP yang kesepuluh secara berturut-turut dari BPK RI, Peringkat Pertama pada Pembangunan Daerah se-DIY, finalis pembangunan daerah pada tataran nasional oleh Bappenas dan meraih peringkat pertama dalam penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik tingkat nasional. Penghargaan tersebut bisa menjadi pemicu bagi Pemkab Bantul untuk melayani masyarakat dengan lebih baik dengan memanfaatkan teknologi.

Halim menyampaikan penghargaan tertinggi dan terima kasih atas kerja sama semua pihak dalam menyelenggarakan pemerintahan kepada DPRD Kabupaten Bantul. DPRD Bantul telah memberikan buah pikiran konstruktif pada kebijakan-kebijakan yang akan diambil pemerintah.

Selain itu, jajaran birokrat seperti kecamatan, kelurahan, serta RT menurut Halim juga patut diapresiasi. Mereka adalah perpanjangan tangan kabupaten untuk melayani masyarakat. Pun dengan para pemuka agama, organisasi masyarakat, pengusaha, wartawan, dan seluruh lapisan masyarakat yang telah membantu membangun Bantul lebih baik.

“Saya mewakili segenap jajaran Pemkab Bantul memohon maaf pada masyarakat apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan selama memimpin Bantul. Kami mohon dukungan untuk sama-sama bisa membangun Bantul dan memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tutur Halim. (Uk/Han/Jhn/Hk)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: