13 Des 2022
  Humas DIY Berita,

Hari Nusantara Momentum Wujudkan Negara Maritim Mandiri

Yogyakarta (13/12/2022) jogjaprov.go.id – Wagub DIY KGPAA Paku Alam X mengikuti Upacara Peringatan Hari Nusantara, Selasa (13/12) di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.  Peringatan Hari Nusantara setiap tanggal 13 Desember ini merupakan dedikasi mengenang Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta LetKol Laut (KH/W) Damayanti, S.H., M.M. yang sekaligus membacakan amanat Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.  Peringatan Hari Nusantara merupakan Nawa Cita ke-3 pemerintahan Presiden RI Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran serta program tol laut, baik saat ini maupun pada tahun-tahun yang akan datang. Sehingga pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia

Damayanti mengatakan, sejalan dengan visi pemerintah tersebut, Gubernur DIY memberikan arahan pembangunan yang tercantum pada visi Gubernur periode 2022-2027. Visi tersebut adalah kelanjutan pembangunan DIY periode sebelumnya yaitu “Menyongsong Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Yogya”.

Tema tersebut kembali diangkat karena masih sangat sesuai dengan isu-isu terkini maupun posisi DIY dalam konteks nasional maupun global. Visi tersebut menekankan bahwa samudera merupakan sumber peradaban baru. Ini adalah  kelanjutan dari visi RPJMD 2012-2017 yang berkaitan dengan penekanan menghidupkan kembali Visi Maritim.

“Samudera Hindia dipahami sebagai wilayah hidup, kehidupan dan penghidupan baru. Wilayah ini diletakkan sebagai sumber daya baru, sebagai daya hidup dan daya kembang baru bagi Yogyakarta, untuk bergerak maju, mandiri, dan sejahtera di masa depan,” tutur Damayanti.

Damayanti menambahkan ada beberapa isu yang menyangkut Samudera Hindia dan telah menjadi perbincangan aktual oleh negara-negara IORA (The Indian Ocean Rim Association). Hal ini juga relevan dengan posisi DIY yang memangku Samudera Hindia sebagai Blue Economy, Collaboration and Global Governance, dan The Maritime Silk Road. Sejalan dengan peringatan Hari Nusantara Tahun 2022, maka bidang kelautan sebagai arus utama pembangunan dan dapat mengelola potensi sumber daya alam maritim untuk kesejahteraan masyarakat harus dikedepankan.

“Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi seluruh komponen yang telah berpartisipasi dalam menyemarakkan Hari Nusantara Tahun 2022. Mari terus membangun laut di berbagai tempat, ruang dan waktu, serta menjadikan laut sebagai tumpuan masa depan bangsa. Mari berjuang mewujudkan negara maritim yang maju, kuat, dan mandiri,” imbau Damayanti.

Upacara ini turut dihadiri dan diikuti para jajaran pejabat Forkopimda DIY, jajaran kepala SKPD DIY, Taruna AAU, Korem 072/Pmk, Lanal Yogyakarta, Lanud Adisutjipto, Polda DIY, Dit Pol Air Polda DIY, PNS Pemda DIY, Satpol PP DIY, Basarnas, STIMARYO, Sekolah pramugari Pelita Aviation, FKBN Bela Negara, SMK 1 Tanjungsari, SMK 1 Sanden, SMK Putra Samudra, SMK N 2 Yogyakarta, Pramuka dan sederet unsur lainnya. (uk/ts/tf)

Humas Pemda DIY

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: