28 Okt 2023
  Humas DIY Berita,

HSP 2023 Satukan Heterogenitas Indonesia

Yogyakarta (28/10/23) jogjaprov.go.id - Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) adalah simbol menyatunya heterogenitas Indonesia yang menjadi sumber kekuatan memajukan bangsa. Tahun 2023 ini, Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia", yang mengandung makna membentuk barisan manusia untuk kolaborasi di tengah keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan HSP ke-95 tahun 2023 pada Sabtu (28/10) di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Wagub DIY KGPAA Paku Alam X menekankan, HSP adalah momentum pengingat terhadap sejarah gotong royong pemuda Indonesia. Semangat inilah yang mampu menyatukan para pemuda dalam menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928.

“Visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda mampu melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia,” ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka menyebut, Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi  Indonesia agar seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif, sehingga kini, para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

“Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian, serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur,” tutur Sri Paduka pada upacara yang dihadiri pula oleh Forkopimda DIY tersebut

Sri Paduka menghimbau, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini menjadi semangat pembangkit kolaborasi dalam memajukan negeri. Tidak dipungkiri, masa depan Indonesia berawal dari tangan-tangan penuh semangat para pemudanya.

Bertindak sebagai komandan upacara, AKBP Sudarmawan. Sementara upacara diikuti oleh POLRI, PNS, Pelajar, Mahasiswa dan sipil lainnya. Sejumlah lagu-lagu wajib nasional turut diperdengarkan oleh Paduan Suara SMAN 3 Yogyakarta, diantaranya Satu Nusa Satu Bangsa, Bagimu Negeri dan Bangun Pemuda Pemudi.

Di Akhir upacara, Wagub DIY berkenan menyerahkan Penghargaan capaian Indeks Pembangunan Pemuda Tertinggi Se-Indonesia tahun 2023 dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI kepada Pemda DIY yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY,  Didik Wardaya. Sri Paduka juga menyerahkan penghargaan pada para pemenang lomba Sentra Kewirausahaan Pemuda DIY yang dimenangkan oleh Juara I kelompok Djogjakarta 1945, juara II kelompok Polaman Digital Preneur, uara III Kelompok Sumber Taruna, Juara IV Kelompok Rajut Alifa, Juara V Kelompok Tobian Farm dan Juara VI Kelompok Artani. (uk/tf/wa)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: