29 Nov 2022

Humas Harus Pro Aktif dan Selalu Tahu Informasi Terkini

Yogyakarta (29/11/2022) jogjaprov.go.id - Sejatinya, kehadiran Humas pada kelembagaan pemerintah tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat. Koordinator Bagian Humas Biro Umum, Humas Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji menyampaikan kutipan Presiden RI Joko Widodo, Humas harus aktif berkomunikasi kepada masyarakat, jangan menunggu informasi ramai beredar di masyarakat.

“Pemerintah harus aktif, khusus untuk informasi. Informasi yang disampaikan pemerintah itu harus benar-benar sampai, masyarakat harus benar-benar tahu informasi dari pemerintah,” imbuh Ditya pada saat mengisi Webinar Kehumasan, Senin (29/11).

Ditya menuturkan, salah satu ketugasan Humas adalah menyampaikan informasi melalui publikasi. Seperti halnya yang dilakukan oleh BPS, di mana dalam pencapaian suatu kegiatan sangat tergantung dari keikutsertaan masyarakat.

“Ketugasan Humas lebih kompleks, terutama di masa sekarang ini. Netizen bisa menjadi sumber berita, tapi belum tentu berita yang bagus. Bisa saja malah jadi sumber berita hoaks. Ini menjadi tugas kita sebagai Humas dituntut untuk menciptakan narasi yang baik. Sehingga citra dari pemerintah ataupun institusi terjaga,” tambah Ditya.

Dalam webinar yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik DIY itu, Ditya menjelaskan, terdapat pergeseran penggunaan media komunikasi, masyarakat beralih menggunakan media online. Namun untuk menyebarkan informasi, Humas Pemda DIY tetap menggunakan keduanya.

“Upaya memperbaiki tata kelola komunikasi pemerintah bermula dari perubahan cara pandang dan cara berpikir, menjadi perhatian pimpinan organisasi pemerintah. Dengan begitu apa yang menjadi kerja nyata pemerintah, dapat mendapatkan apresiasi serta dukungan penuh dari masyarakat,” jelasnya.

Menurut Ditya, menyesuaikan karakter organisasi penting, Humas merupakan representasi dari pemerintah, dalam menyampaikan publikasi dan informasi dan tidak bisa bertindak sembarangan. Humas pemerintah, khususnya dalam media komunikasi pasti akan menjadi rujukan dan menjadi sumber resmi sebagai informasi.

Selain Ditya, hadir pula dua narasumber lain dalam webinar kehumasan ini. Keduanya ialah Praktisi sekaligus MC Profesional Ninda Nindiani dan Humas BPS Pusat Kunti Puspitasari. Ninda memberikan pemaparan materi mengenai bagaimana menjadi seorang public speaker yang baik memperlukan persiapan dan juga peduli terhadap sekitar.

Sementara Kunti Puspitasari mengungkapkan bahwa seorang Humas harus selalu berupaya untuk mengadaptasi perkembangan teknologi informasi. “Seyogyanya Humas dalam penggunaan media sosial untuk penyebarluasan informasi harus mengadaptasi era digital,” imbuhnya. (lt/Rt/ih)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: