20 Jul 2024
  Humas DIY Berita,

HUT ke-193 Bantul Jadi Cambuk dan Refleksi Pembangunan

Bantul (20/07/2024) jogjaprov.go.id - Perayaan HUT ke-193 Kabupaten Bantul menjadi cambuk bagi peningkatan dan pembenahan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pun, menjadi refleksi, untuk menyempurnakan pembangunan, dari berbagai aspek.

Wagub DIY, KGPAA Paku Alam X memberikan pesan demikian, ketika menjadi Inspektur upacara pada upacara peringatan HUT ke-193 Kabupaten Bantul, Sabtu (20/07) di Lapangan Trirenggo, Bantul. Upacara tersebut diselenggarakan sebagai puncak peringatan HUT ke -193 Kabupaten Bantul, dan diikuti oleh jajaran Forkopimda DIY, Bupati dan Wakil Bupati Bantul, serta jajarannya, serta disaksikan oleh ribuan masyarakat.

Sri Paduka menyebut, momen perayaan ulang tahun Kabupaten Bantul ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan refleksi. Apa yang sudah dan belum dicapai pada visi misi Kabupaten Bantul diharapkan menjadi cambuk untuk melakukan baik itu pembenahan, maupun peningkatan.

“Visi Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, menjadi dasar untuk menuju masyarakat produktif, profesional, tertib, aman, sehat, sejahtera dan demokratis melalui peningkatan pengamalan Pancasila,” kata Sri Paduka.

Sri Paduka menambahkan, segala capaian positif, harus dapat dipertahankan dan dilanjutkan. Namun jika masih ada target yang belum tercapai, maka wajib untuk segera ditindaklanjuti dengan berpegang pada visi yang telah ditetapkan melalui program aksi.  

Melalui tema “Bersatu Membangun Bantul Maju, Sejahtera, dan Berbudaya”, Sri Paduka Optimis bahwa Bantul dapat mewujudkan cita-cita luhurnya, Cita-cita untuk  Dalam kesederhanaan dan suasana khidmat, semoga peringatan ini berjalan lancar dan penuh makna mewujudkan kesejahteraan dan keselamatan yang melingkupi seluruh masyarakat Kabupaten Bantul.

“Mari warga Bantul, kita bergerak untuk gumrégah, gumrêgêt, lan gumrêgut-sêngkud, dalam setiap karya menciptakan kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan negara,” tutup Sri Paduka.

Sri Paduka juga turut menyaksikan meriahnya lomba kirab 25 bregada yang terdiri dari ribuan masyarakat. Bregada-bregada ini di kirab dari lapangan Trirenggo hingga lapangan Paseban Bantul. Tidak hanya itu saja, acara ini turut dimeriahkan oleh Kirab Pusaka Paringan Dalem Agnya Murni dan Tari Kolosal Nyawiji Saiyeg Saeka Kapti dengan 193 Penari.

Ditemui usai upacara, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih yang didampingi Wakil Bupati Bantul,  Joko B Purnomo mengaku sangat senang dengan antusias warga. Tema “Bersatu Membangun Bantul Maju, Sejahtera, dan Berbudaya” yang dipilih menjadi harapan yang baik untuk meningkatkan pembangunan demi kesejahteraan Bantul. Antusiasme ribuan masyarakat yang turut mengikuti perayaan ini menurutnya menjadi semangat tersendiri untuk membawa Bantul lebih baik lagi.

“Ribuan masyarakat yang hadir ini adalah wujud dari kebersamaan golong gilig keluarga Bantul untuk memiliki tujuan yang sama, tekad yang sama, bagaimana Bantul ke depan ini semakin maju, masyarakatnya sejahtera dan terus melestarikan budaya istimewa” kata Halim.

Halim menyebut, masih ada beberapa acara yang akan dijelang sebagai rangkaian peringatan HUT. Salah satunya, akan ada event yang melibatkan ribuan orang lagi pada 28 Juli mendatang, yaitu Bantul Fun Run. Masyarakat diharapkan bisa memberikan partisipasi terbaiknya, serta mendukung seluruh rangkaian kegiatan hingga berjalan sukses dan tetap damai.

Juwariyah, warga Ponggok, Jetis, Bantul menyebut sangat antusias dengan perayaan HUT Bantul ini. Ia mengaku ini kali kelimanya mengikuti acara tersebut, dan merasa tahun ini menjadi lebih meriah. Ia berharap banyak untuk perkembangan Bantul yang lebih baik selama setahun ke depan.

“Saya berharap Bantul semakin maju, rakyat makin sejahtera. Terutama untuk sampah, semoga nanti lebih bersih dan lebih asri lagi,” ucapnya.

Haya, siswi SD Unggulan Aisyiyah Bantul yang berpartisipasi pada tari kolosal merasa sangat senang bisa tampil ikut merayakan HUT Bantul. Ia yang merupakan warga Gabusan ini   sangat terkesan dengan kemeriahan acara di Bantul. Siswi cantik ini juga menyampaikan harapan terbaiknya untuk Bantul.

“Tinggal di Bantul Nyaman. Semoga pendidikan kami nanti lebih maju lagi,” tutur Haya. (uk/ts/wa)

Humas Pemda DIY  

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: