17 Agt 2022
  Humas DIY Berita,

HUT ke-77 Kemerdekaan RI, DIY Siap Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

Yogyakarta (17/08/2022) jogjaprov.go.id – Wagub DIY KGPAA Paku Alam X bertindak sebagai inspektur pada Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, Rabu (17/08) di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta. Upacara diikuti oleh seluruh jajaran Forkopimda, TNI, Polri, OPD, ASN, pelajar serta tamu undangan.

Upacara berlangsung khidmat selama kurang lebih 1 jam. Mengambil tema Kemerdekaan Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Indonesia diharapkan bisa segera kembali berjaya. Bangkit dari berbagai keterpurukan yang diakibatkan oleh pandemi Covid -19.

Asisten Sekda DIY sekaligus Ketua Panitia Peringatan HUT RI ke-77 Beny Suharsono mengatakan, Indonesia terutama DIY harus cepat tumbuh supaya bisa bangkit dengan lebih kuat.  Momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ini adalah langkah bagi Indonesia untuk tumbuh lebih kuat lagi mengingat saat ini pandemi Covid–19 sudah makin melandai, sehingga semangat untuk kembali bangkit bisa lebih besar lagi.

“Kita harus siap untuk berubah. Optimisme harus kita dapatkan. Kalau mau maju tidak boleh tidak optimis. Contoh langkah konkritnya adalah kita sudah melakukan perbaikan terhadap vaksin baik 1, 2, dan 3, dan bahkan kini yang keempat untuk nakes ya. Lalu ekonomi kreatifnya kita tingkatkan pula. Kita lihat juga tren pertumbuhan ekonomi seperti apa untuk mengurangi angka kemiskinan. Itu semua terus kita upayakan,” papar Beny.

Lebih lanjut saat ditanya mengenai Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang mendapatkan undangan dari Presiden RI Joko Widodo untuk mengikuti upacara langsung dari Jakarta, Beny mengaku bangga. Pasalnya Sri Sultan diundang karena 3 kesenian daerah dari DIY terpilih untuk ditampilkan pada Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Beny mengatakan, nasionalisme bisa dipupuk melalui kebudayaan DIY untuk Indoensia. DIY mampu memberikan sumbangsih seni tradisi lokal dalam rangka memperkuat Kebudayaan Nasional. “Ini  menjadi penumbuh kekuatan kita bahwa Jogja itu memang eksotik, memang luar biasa sehingga dengan ditampilkannya kesenian kita secara nasional di sana nanti kan orang ingin datang ke Jogja, seperti tagline kita Jogja Ngangeni. Bangga sekali,” tutur Beny.  

Bertindak sebagai Komandan Upacara, Letkol inf. Arif Hermad, yang saat ini menjabat sebagai Dandim 0729 Bantul. Sementara itu bertindak sebagai Perwira Upacara, kapten inf. Budi Arifianto dari Korem 072 Pamungkas. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)  yang bertugas pada upacara tersebut terdiri atas dari Pelajar dan Anggota Tentara Nasional  Indonesia (TNI) serta Polisi Republik Indonesia (POLRI). Mereka terbagi menjadi Kelompok Nusa sebagai pengibar, kelompok Bangsa sebagai penurun, kelompok Nusa Bangsa sebagai kelompok 17, serta kelompok 45 dari unsur TNI & Polri. Sementara itu, serangkaian sajian musik juga disuguhkan pada upacara HUT ke-77  Kemerdekaan RI ini. Sajian lagu-lagu daerah dibawakan secara apik oleh Sekolah Menengah Musik (SMM) Bantul. (uk/ts/alh/wa/jon)

Humas Pemda DIY

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: