17 Agt 2024
  Humas DIY Berita,

Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045

Yogyakarta (17/08/2024) jogjaprov.go.id –Tema “Nusantara Maju, Indonesia Maju” bukanlah sekedar slogan. Hal tersebut, menyiratkan gema kebangsaan dan merefleksikan tiga momen penting dalam sejarah bangsa yaitu, penyambutan Ibu Kota Nusantara (IKN), estafet kepemimpinan nasional, dan semangat menuju Indonesia Emas 2045.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda DIY,  Beny Suharsono, saat membacakan sambutan Gubernur DIY pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Sabtu (17/08). Sekda DIY mengatakan, dengan tagline ”Nusantara Baru Indonesia Maju” adalah sebuah intropeksi untuk menyongsong Indonesia Emas dengan penuh kesadaran, agar kedepannya lebih baik lagi dalam pembangunan.

Sekda DIy menjelaskan, Ibu Kota Nusantara bukanlah sebuah entitas wilayah geografis semata tetapi mengisyaratkan panggilan kerja kolektif-nasional. Menghimpun segala daya dan potensi, guna kemakmuran rakyat.

Selain itu, estafet kepemimpinan nasional juga diharapkan dapat menjadi momentum untuk mengaselerasi pembangunan. Setiap pemimpin di Indonesia, seyogyanya dapat menjadi pelopor pemersatu berbagai unsur yang berbeda-beda , dari waktu ke waktu, serta berperan dalam perdamaian dunia. “Oleh karena itu, evaluasi terus dilakukan menuju perbaikan-perbaikan terhadap pelayanan publik yang terus meningkat,” ucapnya. Merdeka tidak hanya secara fisik tetapi juga non fisik. Sekda DIY mengatakan, bahwa pembangunan harus terus didorong untuk kebaikan bangsa dan negara.  

Sekda DIY menambahkan, tujuh puluh sembilan tahun Indonesia merdeka, merupakan usia yang sangat dewasa untuk menentukan dan menyusun pondasi pembangunan masa depan Indonesia. Pun demikian, generasi muda disiapkan untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan menuju Indonesia Emas 2045.  

Ia menjelaskan, semua aspek tersebut harus dielaborasi dalam kesadaran sikap “Lir-ginelar” yaitu sebuah patron kebijakan kepemimpinan, dalam nilai-nilai demokrasi, musyawarah mufakat, atas dasar partisipasi masyarakat. Prinsip itulah yang dapat menjadi pilar kebangsaan.

 

Pada akhir sambutannya, Sekda DIY mengatakan, kebhinekaan dan kekayaan potensi Indonesia adalah modal pembangunan yang harus dikembangkan. Hal tersebut, tentunya menjadi kekuatan positif menuju kehidupan berbangsa yang lebih sejahtera, berkeadilan, guyub-rukun dan aman-damai yang mencerminkan Indonesia Emas 2045. Mari perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan “Kerja Bersama” yang menandai peringatan Proklamasi Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia. (Sis/Ft/Erf/Els)

HUMA PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: