24 Feb 2023
  Humas DIY Berita,

ISI Surakarta Ajak Pemda DIY Kerja Sama Bidang Kebudayaan

Yogyakarta (24/02/2023) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima audiensi Rektor ISI Surakarta Dr I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum. bersama rombongan pada Jumat (24/02). Bertempat di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, audiensi tersebut membahas beberapa hal, mulai dari informasi terkait kebudayaan hingga rencana kerja sama.

Ditemui usai beraudiensi dengan Sri Sultan, I Nyoman Sukerna mengungkapkan, sebagai perguruan tinggi seni, ISI Surakarta melihat Yogyakarta sebagai sumber informasi sekaligus pusat aktivitas kebudayaan, terutama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Sehubungan dengan perihal aktivitas kebudayaan tersebut, dalam audiensi pihaknya kali ini, I Nyoman Sukerna memohon dukungan dari Sri Sultan.

“ISI itu kan perguruan tinggi seni. Jadi inti kunjungan kami untuk minta bantuan Pak Gubernur (DIY) untuk bisa memberikan seperangkat gamelan Jogja. Selain itu, kami juga membicarakan terkait kerja sama untuk pertukaran mahasiswa,” ujar I Nyoman Sukerna.

I Nyoman Sukerna mengutarakan, kerja sama antara ISI Surakarta dengan Pemda DIY sudah berjalan cukup lama di berbagai bidang kerja sama. Selanjutnya, ia tidak hanya ingin mempertahankan kerja sama yang sudah terjalin, tapi juga memperluasnya hingga ke bidang lain yang potensial.

“Beberapa kerja sama itu mungkin sudah terjalin agak lama sehingga perlu diperbaharui. Kami akan cek dahulu mana yang perlu diperbaharui dan kerja sama apa lagi yang bisa dikembangkan,” ucap I Nyoman Sukerna.

Lebih lanjut, disampaikan I Nyoman Sukerna, pihaknya pun berharap, Sri Sultan berkenan menjadi salah satu penguji pada program pasca sarjana di ISI Surakarta. Selain itu, Sri Sultan juga diharapkan berkenan untuk memberikan kuliah umum pada perguruan tinggi tersebut.

“Satu lagi, kami kalau bisa nanti akan bekerja sama dengan Keraton Yogyakarta terkait uji kompetensi para lulusan ISI Surakarta. Dari pihak Keraton nanti bisa ikut jadi asesor uji kompetensi maupun dosen penguji. Karena kami inginnya lulusan ISI Surakarta tidak hanya mendapat ijazah, tapi juga mengantongi sertifikat keterampilan,” terang I Nyoman Sukerna.

I Nyoman Sukerna mengatakan, Sri Sultan menyambut baik dan mendukung beberapa hal tersebut. Pihaknya pun diminta untuk dapat mempersiapkan berbagai surat dan dokumen yang diperlukan terkait kerja sama yang ingin dilakukan.

“Beliau (Gubernur DIY) mendukung kita semua. Tinggal dokumen, surat-menyuratnya dipersiapkan saja agar menjadi legal semua,” kata I Nyoman Sukerna. (Han/Wpt/Rchd)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: