25 Sep 2022

JAS, Kolaborasi Apik Olahraga Dirgantara dan Pariwisata

Bantul (25/09/2022) jogjaprov.go.id - Jogja Air Show sebagai event olahraga dirgantara kembali digelar. Agenda rutin dua tahunan ini dinilai menjadi kolaborasi antara olahraga dirgantara dengan dunia pariwisata yang saling menguntungkan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mewakili Gubernur DIY, Minggu (25/09) pada puncak acara JAS 2022 yang digelar di Landasan Pacu Depok, Bantul. Gelaran yang mengangkat tema 'Cintailah Tanah Air dan Udara Indonesia' ini digelar pada 23-25 September 2022 di empat lokasi terpisah, yakni Bukit Embung Sriten, Terminal B Bandara Adisutjipto, Pantai Parangkusumo, dan Landasan Pacu Depok.

"Ini adalah satu aktivitas yang dapat menimbulkan multiple effect. Kolaborasi antara olahraga dirgantara dan pariwisata ini menjadi bagian yang sangat penting untuk kemudian bisa kita tumbuh kembangkan. Tentu aktivitas ini diharapkan juga bisa membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif DIY," ungkap Singgih.

Menurut Singgih, Pemda DIY sangat mendukung agenda ini karena setidaknya memberikan dua manfaat besar. Pertama, sebagai upaya dalam rangka memperkenalkan olahraga dirgantara dan transfer pengetahuan tentang kedirgantaraan. Manfaat kedua, kegiatan ini bisa menjadi bagian dari upaya promosi destinasi wisata.

"Saya kira ini merupakan bagian dari promosi pariwisata maupun kedirgantaraan yang sangat bagus. Selanjutnya tentu kami dorong area penyelenggaraan Jogja Air Show ini untuk menjadi spot tourism olahraga dirgantara. Apalagi teman-teman penghobi pesawat ini juga perlu diwadahi dalam satu aktivitas," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Kodiklatau, Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono mengatakan, sebagai sebuah daerah, DIY memiliki potensi-potensi besar, termasuk untuk olahraga kedirgantaraan. Kegiatan JAS ini juga merupakan bentuk kemanunggalan TNI dengan Polri, TNI dengan pemerintah daerah dan TNI dengan masyarakat.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menambah minat kedirgantaraan, menambah daya tarik pariwisata DIY, sekaligus menambah destinasi wisata di DIY. Tentu dengan harapan juga ikut menambah perekonomian masyarakat sekitar dan meningkatkan kesejahteraan di DIY," imbuhnya.

Beberapa agenda acara pada JAS 2022 ialah air show layang-layang, air show aeromodelling, static show pesawat FASI, lomba paramotor, dan lomba paralayang. Selain itu, diadakan pula kontes aero photography dan drone race. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: