29 Des 2011
  Humas Berita,

Jelang Tahun Baru Harga Kebutuhan Pokok Alami Kenaikan

Jelang Tahun Baru Harga Kebutuhan Pokok Alami Kenaikan

YOGYAKARTA(28/12/2012) pemda-diy.go.id Harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional menjelang tahun baru 2012 mengalami kenaikan. Daging sapi di pasar Argosari Gunungkidul naik sekitar Rp. 3 ribu per kilogramnya dari Rp. 65 ribu menjadi Rp. 68 ribu, sedang daging ayam kampung dan potong naik Rp. 1000 menjadi Rp. 50 ribu dan Rp. 24 ribu.

Dari pantauan tim kami di pasar Argosari Gunungkidul dan pasar Lempuyangan Kota Yogyakarta, harga berbagai kebutuhan pokok mengalami kenaikan tetapi tidak begitu tinggi dan masih bisa dijangkau oleh daya beli masyarakat, kata Ketua Tim Pemantau Harga Pemprov DIY, Drs. Soltoni Nur Fausi, MSi disela-sela pemantauan, Rabu (28/12).

Dikatakan, jika di lihat dari harga jualnya semua daging yang ada di kedua pasar tersebut semuanya layak konsumsi, karena telah di tes oleh tim pemantau harga dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Provinsi DIY.

Sementara harga beras rata-rata naik Rp. 200 per kilogramnya, kualitas medium (IR 64) menjadi Rp. 7.800/kg dan jenis menthik wangi Rp.8.800/kg. Harga bawang putih, bawang merah kenaikan harga rata-rata Rp. 500 hingga Rp 1000 per kilo gramnya. Untuk cabe rawit mengalami kenaikan yang cukup lumayan tinggi dari Rp. 25 ribu menjadi Rp. 40 ribu per kilo gram, cabe merah besar dari Rp. 20 ribu menjadi Rp. 25 ribu per kilo gram. Minyak goreng baik curah maupun kemasandan telur harga stabil.

Harga beras memang ada kenaikan sedikit namun kualitasnya saat ini agak menurun karena kemungkinan dampak panen di musim hujan, terang Soltoni seraya menambahkan bahwa semua kebutuhan masyarakat menjelang tahun baru, mulai dari sembako maupun sayur-mayur stok cukup. (skm/rsd)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: