16 Sep 2022
  Humas DIY Berita,

Jogja Medical and Health Tourism Expo Jadi Pilot Project Wisata Kesehatan di DIY

Yogyakarta (16/09/2022) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mendukung Jogja Medical and Health Tourism Expo yang akan diselenggarakan oleh Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Wilayah DIY menjadi pilot project pengembangan wisata kesehatan di DIY. Agenda 3rd Jogjakarta PERSI Expo conjunction with 1st PERKEDWI DIY Expo 2022 yang merupakan kolaborasi bersama Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi) Cabang DIY dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah DIY ini akan berlangsung pada 28-30 Oktober 2022 mendatang, bertempat di Pakuwon Mall Yogyakarta.

Ketua PERSI Wilayah DIY, Dr. dr. Darwito, SH, Sp.B (K), Onk. mengutarakan hal tersebut saat ditemui usai beraudiensi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Jumat (16/09) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Turut hadir bersama Darwito, perwakilan dari pengurus PERSI Wilayah DIY, IDI Wilayah DIY, Perkedwi Cabang DIY, dan Academic Health System (AHS) UGM.

“Kami juga maunya acara ini menjadi pilot project, artinya menggabungkan antara pelayanan kesehatan tourism yang ada di Jogja. Karena Jogja juga telah menjadi destinasi wisata, sehingga nanti diharapkan dengan kita melakukan expo ini bisa menggugah teman-teman PERSI DIY dan IDI  DIY untuk saling menguatkan supaya antara health dan tourism itu saling mendukung,” tutur Darwito.

Bertajuk “Happy Healing and Travelling @ Jogja”, expo wisata kesehatan ini akan diselenggarakan dengan serangkaian kegiatan yang mendukung upaya pengembangan wisata kesehatan. Tidak hanya untuk memperkenalkan wisata kesehatan di DIY, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperkenalkan Wellness Tourism dan Medical Tourism kepada masyarakat.

Selain itu, kegiatan expo tersebut juga untuk memperkenalkan produk kesehatan muatan lokal berbasis budaya lokal dan alat kesehatan produksi dalam negeri. Pun untuk memperkenalkan layanan kesehatan RS di Yogyakarta dan sekitarnya dan meningkatkan kunjungan pariwisata DIY dan pariwisata kesehatan DIY.

Adapun yang menjadi peserta dalam expo wisata kesehatan tersebut, yakni para penyedia layanan kesehatan dan pariwisata di DIY dan sekitarnya. Para peserta penyedia layanan kesehatan dan pariwisata ini kemudian akan disediakan booth masing-masing. Tersedia pula panggung sebagai lokasi talkshow atau presentasi untuk mengenalkan produk-produk unggulan masing-masing peserta.

Sementara itu, dikatakan Darwito, sebagai rangkaian acara yang turut memeriahkan penyelenggaraan expo, digelar pula kegiatan seminar nasional yang akan berlangsung pada 28 Oktober 2022. Selain itu, juga terdapat kegiatan Gowes Temple to Temple (fun bike) yang akan dilaksanakan pada 30 Oktober 2022. (Han/Rd)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: