28 Mei 2024

Jogja Prima Fest Wujud Sinergi Pemberdayaan Wanita Dan Ekonomi Produktif

Yogyakarta (28/05/2024) jogjaprov.go.id – Jogja Prima Fest (JPF) yang diselenggarakan oleh DP3AP2 DIY kembali menggelar agenda tahunan dengan Jambore Dharma Wanita Persatuan (DWP) DIY. Pada tahun ini JPF bertemakan “Tuwuh, Tangguh, Wiguna” yang merupakan wujud dari dua sinergi yaitu Program Fasilitasi Dharma Wanita dan Program Pengembangan Kelompok Ekonomi Produktif dan dihadiri 250 DWP Perwakilan DIY, berlangsung Selasa (28/05) di Pendapa Wiyata Praja. Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. 

Wakil ketua Dharma Wanita Persatuan DIY,  GKBRAA Paku Alam dalam sambutannya menyampaikan bahwa jambore kali ini bertemakan Let’s Grow Together yang berarti tumbuh bersama yang merupakan suatu ajakan positif, khususnya bagi program binaan Kelompok Ekonomi Produktif (KEP) dari Desa Prima dapat menjadikan peran serta dukungan  DWP untuk desa.
"Selain itu, Ladies Program merupakan kegiatan yang tepat untuk menunjang kemampuan sebagai pendamping suami. Oleh karena itu dengan diadakannya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang menjadikan peran penting sebagai istri dengan memberikan dukungan moral dan motivasi sebagai bentuk komunikasi secara terbuka dengan pasangan masing-masing" ungkapnya.

Lebih lanjut Gusti Putri menjelaskan, seharusnya anggota DWP DIY harus mengerti dengan segala permasalahan yang ada disekitarnya. Misal permasalahan sampah, dengan kesempatan ini diharapkan anggota untuk bersama-sama mengurangi sampah yang dibuang di TPA, sebab umur TPA terbatas. "Mengurangi sampah dimulai dari rumah sendiri. Mulai dengan memilah sampah dari rumah sendiri dan mengajak sekitar untuk mulai disiplin dengan sampah dari rumah sendiri.’ harap Gusti Putri.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas DP3AP2 DIY, Erlina Hidayati Sumardi menyampaikan kegiatan Jogja Prima Fest ditujukan untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan rentan. Yang dimulai dari penguatan ekonomi juga terhadap ibu-ibu binaan DP3AP2 yang sudah tersebar di 157 kelurahan dengan keanggotaan lebih dari 4.000. Dengan menyatukan intesitas diri supaya layak menjadi anggota DWP yang berkapasitas yang luas dan mampu tampil didepan untuk memimpin atau memiliki kreativitas dan inovasi.

Selaras dengan tema yang diambil yakni Tuwuh, Tangguh, Wiguna yang berarti terus bertumbuh merespon kemajuan zaman dan tangguh dalam berbagai tantangan terus berproses ke arah lebih baik serta memberikan manfaat atas kehadiran di masyarakat. "Maka kita mendorong DWP DIY untuk bertemu, berdiskusi dan berkolaborasi untuk perubahan. Berkontribusi pada perbaikan kehidupan dan memberikan aksi nyata terhadap masyarakat" tutupnya. (aul/mt/Ip/Th)

 

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: