18 Mei 2023

Kader PKK Pendidik Karakter Generasi Muda

Medan (17/05/23) jogjaprov.go.id - "Kader PKK bekerja melebihi seorang Pegawai Negeri", mereka tanpa digaji, tanpa lelah namun tetap semangat. Demikian dikatakan oleh ibu negara Iriana Joko Widodo pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) ke -51 Tahun 2023 di Ballroom Convention Hall Santika Premiere Kota Medan Sumatera Utara, Rabu (17/05).
Menurutnya, berbagai program telah dijalankan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), diantaranya : menyiapkan pendidikan karakter generasi muda, sosialisasi pencegahan pernikahan dini dan anti narkoba serta program peningkatan kesejahteraan keluarga.

Iriana yang juga Pelindung Utama TP PKK lebih lanjut mengatakan bahwa, gerakan PKK membutuhkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat. Semua kader PKK semangat untuk bekerja dan mendampingi masyarakat tanpa lelah, tandasnya.
Sementara itu, Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian menyampaikan bahwa, gerakan PKK senantiasa tumbuh berkembang sinergis dalam mendukung serta menyukseskan program-program pemerintah. Hal ini sejalan dengan tema yang diusung yaitu "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh.
Menurut Tri, hal ini bertujuan memantapkan 10 Program Pokok PKK yang didasarkan atas prioritas nasional sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2022-2024, tandasnya.

Dalam acara tersebut dilaksanakan juga penanda tanganan MoU antara TP PKK Pusat dengan Badan Pangan Nasional (Rumah Pangan Bebas Stunting), dengan PT.Nestle Indonesia
Selain itu diberikan pula Penghargaan kepada Kader Inspiratif PKK Tahun 2023 sebagai motivasi untuk bekerja lebih giat dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK. Hal yang demikian juga merupakan wujud rasa syukur karena Tim Penggerak PKK telah mengabdi selama 51 tahun dalam membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia.

Pada acara yang sama, diluncurkan keluarga bebas Stunting (kekerdilan), pemberian penghargaan kepada kader inspiratif PKK Kabupaten/Kota se Indonesia.
Ibu Negara dalam kesempatan yang sama juga menyerahkan Penghargaan kepada wanita yang berjasa di Bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Budaya, Lingkungan Hidup dan Pertanian.

Acara dihadiri oleh 1.396 peserta yang terdiri dari TP PKK Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota se Indonesia serta tamu undangan. Dalam kesempatan ini Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipimpin GKBRAA Paku Alam turut hadir pada Puncak Acara tersebut beserta Ketua Tim PKK kabupaten/Kota se DIY. (teb,ts).

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: