19 Feb 2018

Keluarga Alumni UIN Sunan Kalijaga Tegaskan Komitmen Bantu Cegah Radikalisme

Yogyakarta (19/02/2018) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima audiensi dari Ikatan Keluarga Alumni IAIN-UIN Sunan Kalijaga (IKA-SUKA) di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta pada Senin (19/02). Selain dalam rangka silaturahmi, para alumni juga turut menegaskan komitmen bersama mencegah berbagai bentuk radikalisme. 

“Silaturahmi ini juga sekaligus sosialisasi program kerja kami sebagai pengurus baru untuk IKA-SUKA DIY dan juga program pusat. Terkait isu radikalisme, kami para alumni UIN SUKA sangat mengapresiasi sikap Pemerintah Daerah DIY maupun pusat. Kami pun mendukung dan turut berupaya bagaimana supaya aliran radikal ini bisa diputus,” ujar Ketua IKA-SUKA DIY Sony Amir Solehuddin.

Ditemui usai audiensi, Sony menuturkan, IKA-SUKA sendiri telah berniat melakukan berbagai upaya melalui langkah-langkah yang bisa dilakukan para anggotanya. Salah satunya melalui para anggota yang juga kebanyakan berprofesi sebagai dai yang sering melakukah khotbah atau ceramah di masjid maupun di tengah masyarakat.

“Kami akan jadikan cara ini sebagai strategi bagaimana mengurangi pemikiran radikal di lingkungan masyarakat yang saat ini sudah sangat berkembang hebat. Apalagi persoalan radikalisme ini betul-betul menjadi concern bagi kami juga di IKA-SUKA, baik pusat maupun daerah,” imbuhnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pun memberikan tanggapan positif terhadap strategi IKA-SUKA guna mengurangi bahkan mencegah radikalisme tersebut. Apalagi berbagai kejadian negatif di DIY, baik yang melibatkan Pemda DIY secara langsung maupun tidak dipastikan juga akan berimbas pada kondisi Pemda DIY ke depan. Untuk itu, pihak IKA-SUKA pun berencana membangun komunikasi yang lebih intens agar perkembangan pemikiran radikal bisa semakin ditekan.

Selanjutnya, Sony memaparkan rencana IKA-SUKA DIY membangun kantor sekretariat di Jogja yang juga akan menjadi pusat pengenalan produk alumni dan jujugan para alumni. “Audiensi ini juga sekaligus kami kulo nuwun agar bisa dimudahkan dan dilancarkan semuanya,” tutur Sony.

Kontributor: Ratih Keswara | Operator: ALH

Bagaimana kualitas berita ini: