21 Jul 2024

Keluarga Kunci Masa Depan Lebih Baik

Kulon Progo (21/07/2024) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X mengungkapkan, peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 DIY Tahun 2024 kali ini dapat menjadi pengingat bagi semua pihak akan pentingnya arti keluarga. Keluarga yang notabene merupakan unit terkecil dalam masyarakat, sesungguhnya merupakan fondasi yang kuat dalam membangun individu.

“Keluarga menjadi awal pula pembangunan individu yang berdaya saing tinggi, masyarakat yang stabil, dan negara yang maju. Dengan kata lain, Investasi moril dan materiil demi mewujudkan keluarga berkualitas, adalah kunci penting dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia,” ungkap Sri Paduka saat membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY.

Dalam peringatan Harganas 2024 di Waduk Sermo, Kulon Progo pada Minggu (21/07), Sri Paduka pun menuturkan, tema peringatan Harganas tahun ini adalah 'Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas'. Menurut beliau, keluarga berkualitas dapat dimaknai sebagai keluarga yang mampu menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, dan spiritual anggotanya secara seimbang.

“Keluarga berkualitas adalah keluarga yang secara konsisten berusaha untuk membangun hubungan yang positif, saling mendukung, dan membawa dampak positif bagi kehidupan setiap anggota keluarganya. Karena itu, mari sadari sepenuhnya, kita semua tanpa terkecuali, memiliki peran dan kewajiban yang sama menciptakan keluarga berkualitas,” imbuh Sri Paduka.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK DIY, GKBRAyA Paku Alam saat membacakan sambutan Ketua TP PKK DIY mengatakan, keluarga menjadi unit sosial terkecil dalam pembentukan karakter, moral, dan budi pekerti bagi setiap generasi yang lahir di masyarakat. Keluarga juga merupakan fondasi utama dalam berbangsa dan bernegara.

“Untuk itu, dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas diperlukan kepedulian kita semua untuk menjadi teladan dan contoh bagi generasi selanjutnya. Karena keluarga yang kuat akan menjadi benteng pertahanan bangsa,” ungkap Gusti Putri.

Dikatakan Gusti Putri, peringatan Harganas tahun ini secara umum bertujuan untuk mensinergikan gerak dan langkah keluarga Indonesia dalam upaya mencegah stunting. Sedangkan acara khusus, peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran stakeholder, tokoh masyarakat, dan masyarakat dalam pembangunan keluarga.

“Tujuan lainnya, peringatan ini juga untuk meningkatkan kinerja pengelola dan petugas program Bangga Kencana, serta meningkatkan kepedulian keluarga Indonesia dalam pencegahan stunting. TP PKK DIY sendiri juga sudah aktif berperan dan mendampingi keluarga-keluarga di DIY dalam upaya percepatan penurunan stunting,” paparnya.

Pada acara peringatan ini dilakukan pula penyerahan penghargaan kepada beberapa instansi atas peran aktifnya dalam mendukung program percepatan penurunan stunting di DIY. Di antaranya, Dinas Koperasi dan UKM DIY, KODIM 0732/Sleman, dan BAZNAS DIY. Acara ini dihadiri pula oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, Pj. Bupati Kulon Progo, Srie Nurkyatsiwi, dan Kepala BKKBN DIY, Mohamad Iqbal Apriansyah. (Rt/Yd/Th/Iv)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: