17 Jun 2023

Kenalkan Budaya Bantul Lewat Pesona Budaya Nusantara 2023

Jakarta (17/06/2023) jogjaprov.go.id - Badan Penghubung Daerah (Banhubda) DIY bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul mengadakan Pesona Budaya Nusantara 2023. Kegiatan yang diselenggarakan di Anjungan DIY Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (17/06) ini bertujuan semakin memperkenalkan budaya Kabupaten Bantul.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X saat membacakan sambutan Gubernur DIY mengatakan, kegiatan Pesona Budaya Nusantara mengandung nilai-nilai yang sangat penting. Sehubungan dengan hal tersebut, Sri Paduka mewakili Pemda DIY menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Banhubda DIY, Pemerintah Kabupaten Bantul, serta kepada pihak-pihak lain yang terlibat, atas inisiatif dan kolaborasi yang baik, sehingga kegiatan ini memungkinkan untuk terlaksana.

"Adalah harapan kita bersama, bahwa seluruh rangkaian kegiatan Pesona Budaya Nusantara kali ini dapat berjalan dengan lancar, mampu memberikan manfaat bagi kita semua. Dan secara khusus dapat memberi kontribusi positif bagi Kabupaten Bantul, yang akan ditetapkan sebagai The UNESCO Creative Cities Network (UCCN)," imbuh Sri Paduka.

Menutup sambutannya, kepada para tamu undangan Sri Paduka juga mengucapkan selamat meresapi makna budaya dan menikmati atraksi yang disuguhkan dalam Pesona Budaya Nusantara 2023. Kegiatan ini juga turut mengundang Paguyuban Warga Kabupaten Bantul (WARKABAN) dan masyarakat diaspora Yogyakarta di Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja mewakili Bupati Bantul mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi sarana pengenalan budaya maupun potensi yang dimiliki Bantul. Kabupaten Bantul sebagai salah satu penyangga budaya DIY tentu juga memiliki tanggung jawab melestarikan budaya yang dimiliki.

"Budaya DIY memiliki ciri khas dengan keanekaragaman dan adat istiadatnya. Kita harus bangga atas keberagaman tersebut karena semuanya itu adalah kekayaan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain dan tidak ternilai harganya. Saya percaya bahwa leluhur telah mencurahkan cipta, rasa dan karsa sebagai pedoman dan bekal untuk hidup kita di masa yang akan datang," ungkapnya.

Dikatakan Budi, budaya adalah salah satu medium untuk memanusiakan manusia. Dengan budaya, hidup menjadi indah sehingga manusia dapat merasakan tataran kehidupan Hamamayu Hayuning Bawono. Dan sebagai sarana aktualisasi dan diseminasi budaya, pihaknya berharap kegiatan Pesona Budaya Nusantara 2023 ini dapat menjadi pengungkit peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bantul dan DIY pada umumnya.

"Oleh karena itu, kegiatan ini juga menjadi media promosi potensi wisata UMKM dan industri kreatif Kabupaten Bantul. Semoga acara pada malam hari ini dapat menjadi wahana yang membuka kembali jendela wawasan nusantara, khususnya bagi generasi milenial karena kreasi kultural bukan hanya sekedar hiburan tetapi juga menjadi upaya pengayaan wawasan dan menjadi bagian esensial dari proses pembangunan bangsa," paparnya. (Rt/Sf)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: