10 Nov 2022
  Humas DIY Berita,

Kenang Pahlawan, DIY Ziarahi TMP Kusumanegara

Yogyakarta (10/11/2022) jogjaprov.go.id – Guna mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang gugur di medan laga memperjuangkan Indonesia, DIY menggelar ziarah bersama ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kusumanegara, Yogyakarta. Ziarah tersebut masuk dan mengakhiri rangkaian Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 DIY pada Kamis (10/11).

Ziarah tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat Forkopimda DIY dan berlangsung dengan cukup khidmat serta sakral. Adapun ziarah tersebut dilakukan, setelah pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan DIY 2022 yang digelar di Stadion Mandala Kridha, Yogyakarta. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Setyawan Hartono, S.H., M.H. Sementara Kabintal Lanud Adisutjipto Letkol Sus Much Wildan Sya’roni, S.Ag. bertindak sebagai Komandan Upacara.

Seperti diketahui, sejumlah kusuma bangsa terbaring beristirahat di TMPN Kusumanegara ini. Nama besar seperti Panglima Besar Jenderal Soedirman, Letnan Jendral Oerip Soemohardjo, Brigadir Jendral Katamso, Kolonel Sugiyono serta Menteri Supeno disemayamkan di sini. Selain itu, terdapat nama R. Adisoemarmo, R. Husein Sastranegara, dan R.M Isdiman yang namanya diabadikan untuk tempat-tempat penting di Indonesia.

Selain itu, terbaring sedikitnya ribuan pahlawan pejuang kemerdekaan RI yang dimakamkan di tempat tersebut. Dari TNI AD berjumlah 1.065 makam, TNI AU 156 makam, dan TNI AL berjumlah 56 makam. Selain itu, dari Polri berjumlah 79 makam. Pejuang yang tercatat identitasnya ada 404 makam dan warga sipil terdapat sembilan orang. Dari pejuang yang tidak tercatat identitasnya berjumlah 131 makam.

Tidak hanya memberikan penghormatan kepada arwah pahlawan oleh seluruh peserta upacara, dalam ziarah ini turut dilaksanakan peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara dan tabur bunga. Turut hadir sebagai peserta upacara pada ziarah ini, jajaran ASN Pemda DIY dan hadirin tamu undangan lainnya. (han/sd/tfk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: