15 Des 2022

Kesetiakawanan Sosial Jadi Perekat Persatuan

Yogyakarta (15/12/2022) jogjaprov.go.id - Tahun 2022 ini Indonesia dihadapkan pada berbagai permasalahan sosial. Dan dengan nilai-nilai kesetiakawanan sebagai modal sosial, menjadi perekat persatuan nasional bagi Indonesia menghadapi berbagai persoalan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih saat membacakan amanat Menteri Sosial RI dalam rangka Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2022. Upacara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional DIY Tahun 2022 ini digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta pada Kamis (15/12).

“Peringatan HDI dan HKSN merupakan bagian dari metode untuk mengingatkan kembali pentingnya modal sosial, yaitu nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang selama ini menjadi perekat persatuan dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial. Nilai-nilai kesetiakawanan sosial inilah yang juga menjadi api energi bagi para relawan untuk terus bergerak membantu sesama,” ungkapnya.

Endang menuturkan, permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia tentu menggugah seluruh masyarakat untuk terlibat aktif dalam usaha pembangunan kesejahteraan sosial dengan potensi dan sumber yang dimiliki sesederhana apapun. Dan meneruskan keberhasilan dalam melewati pandemi CoViD-19 yang telah berlangsung selama tiga tahun ini, kebersamaan terbukti membuat Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit semakin kuat.

“Mari kita terus menerus saling mengingatkan, saling menguatkan, saling bekerja sama, saling jaga, saling bantu, bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan perhatian dan bantuan,” imbuhnya.

Dalam mengatasi permasalahan sosial, pemerintah baik pusat maupun daerah hadir melalui berbagai implementasi program, seperti Respon Kasus, pemberdayaan PENA (Pahlawan Ekonomi Nusantara), Rumah Sejahtera Terpadu, PKH, perlindungan dan jaminan sosial, kesiapsiagaan dan penanganan bencana dengan berbagai aktivitas pelayanan, pemberian bantuan, penjangkauan, permakanan lanjut usia, penyandang disabilitas dan bantuan YAPI (Yatim Piatu) untuk para pemerlu pelayanan sosial.

Upacara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional DIY menjadi salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional DIY Tahun 2022. Puncak acara HKSN 2022 sendiri telah diselenggarakan di halaman kantor Dinas Sosial DIY pada Selasa (13/12) kemarin. Acara ini dihadiri oleh sekitar 400 tamu undangan yang terdiri dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota se-DIY, pejabat strukturan di lingkungan Dinas Sosial DIY, pemuka agama, jajaran Forkopimda DIY, Ketua Tagana, Ketua Difagana, Dukuh VIII Plumbon dan tokoh masyarakat.

Di akhir upacara, dilakukan pula penyerahan penghargaan bagi Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) DIY berprestasi yang terdiri dari lembaga kesejahteraan sosial/organisasi sosial, karang taruna, pekerja sosial masyarakat, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan, dan wahana kesejahteraan sosial berbasis masyarakat. Masing-masing pemenang mendapatkan tropi dan uang pembinaan. (Rt/Sis/Ih)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: