22 Nov 2011
  Humas Berita,

Konsumsi Ikan Penduduk Indonesia Tiap Tahun Alami Peningkatan

Konsumsi Ikan Penduduk Indonesia Tiap Tahun Alami Peningkatan

Psmeran Hari Nusantara 2011 di Dinas Kelautan dan Perikanan Prov DIYYOGYAKARTA (21/11/2011) pemda-diy.go.id - Kreatifitas dalam mengolah produk ikan perlu ditingkatkan, sehingga tidak muncul kejenuhan dalam menuh sehari-hari. Hal ini tidak dirasa sulit sebab indonesia kaya dengan berbagai kuliner nusantara.

Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah Provinsi DIY Drs. Icshanuri dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdaprov DIY, dr. Andung Prihadi Santoso, MKes saat membuka Pameran Hari Nusantara 2011, di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY, Senin (21/11).

Menurut Sekda, sektor perikanan di Indonesia merupakan sektor yang sangat strategis untuk dikembangkan, pasalnya Indonesia merupakan negara kepulauan yang wilayahnya berupa lautan. Namun demikian konsumsi ikan penduduk Indonesia hingga kini masih rendah kendati setiap tahun mengalami peningkatan. Tingkat konsumsi ikan nasional tahun 2010 mencapai 30,47 kg/kapita/tahun dasn jumlah tersebut masih jauh di bawah negara-negara tetangga.

Penyebab rendahnya konsumsi ikan tersebut, antara lain karena masyarakat masih kurang memperoleh informasi mengenai manfaat yang terkandung dalam ikan. Faktor lain yang bisa diketengahkan yaitu belum punya budaya makan ikan, tuturnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY, Ir. Sudiyanto, MM, menjelaskan, dalam rangka Hari Nusantara 2011 tingkat DIY akan diramaikan dengan berbagai kegiatan, seperti pameran hasil laut, workshop, penanaman mangrove, pelatihan pengelolaan ikan secara higienis, penyerahan kapal pada nelayan Gunungkidul, serta pembersihan laut.

Dan puncaknya nanti akan dilaksanakan upacara pada tanggal 13 Desember 2011 di Stadion Kridosono Yogyakarta, terang Sudiyanto. (skm)

HUMAS Ro UHP DIY

Bagaimana kualitas berita ini: