30 Mei 2018
  Humas Berita,

Kunker Komisi X Bahas Pendidikan Berbasis Budaya

Yogyakarta (30/05/2018) jogjaprov.go.id - Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) spesifik Bidang Pendidikan ke DIY pada (30/05). Rombongan Komisi X diterima Pemda DIY  di Gedhong Pracimosono Komplek Kepatihan Yogyakarta.

Berkaitan dengan materi kunjungan, Sekretaris Daerah DIY Ir. Gatot Saptadi., MT menjelaskan, Yogyakarta sudah melekat sebagai kota Budaya, kota Pendidikan dan kota Pariwisata. Terlepas dari hal tersebut, Sekda DIY juga menjelaskan bahwa pendidikan merupakan pilar yang penting untuk pembangunan yang sudah tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah.

“Pendidikan merupakan sarana mewujudkan masyarakat DIY menjadi manusia cerdas utuh dan berbudaya sesuai dengan filosofi dan ajaran moral nilai luhur budaya” ujar Sekda DIY.

Ketua Komisi X DPR RI Dr. Ir. Djoko Udjianto, MM menjelaskan, kunker tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana jajaran pemerintahan DIY yang terkait dalam menggagas dan mengimplementasikan pendidikan berbasis budaya.

Terkait dengan tujuan kunjungan kerja tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Drs. Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, implementasi pendidikan berbasis budaya dilaksanakan dengan menjadikan pendidikan tentang budaya sebagai isi pendidikan. Budaya sebagai metode pelaksanaan pendidikan dan pendidikan dalam lingkungan budaya sebagai konteks dan pendekatan dalam manajemen pendidikan.

“Implementasi pendidikan berbasis budaya tersebut dijalankan pada jenjang TK hingga jenjang Sekolah Menengah baik menengah pertama maupun menengah atas,” ujarnya.

Selain itu, Baskara Aji juga menjelaskan, terdapat beberapa sekolah yang dikembangkan dalam rangka pengembangan budaya seperti SMK Seni Rupa, SMK Kerawitan dan SMS (Sekolah Menengah Musik). “Bagi siswa dan siswi yang sekolah disitu masih dibebani dengan kurikulum yang sama dengan sekolah umum hanya saja  ditambah dengan pengembangan budayanya,” pungkasnya.

Kunker Komisi X DPR RI ini juga turut dihadiri oleh perwakilan Dinas Kebudayaan DIY, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul dan Kabupaten Sleman. Juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pendidikan DIY, Ketua Dewan Kebudayaan DIY, Kepala LPMP DIY, Ketua PGRI serta guru-guru dari kabupaten/kota se-DIY. Kunker ditutup dengan serah terima cenderamata dari pihak Komisi X DPR RI kepada Pemda DIY dan sebaliknya. (Tr)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: