26 Mar 2018
  Humas Berita,

Laporan Hasil Pengawasan BPKP DIY Digunakan Sebagai Bahan Evaluasi Pemda DIY

Yogyakarta (26/03/2018) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X menerima laporan hasil pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY selama tahun 2017 yang akan digunakan Pemerintah Daerah DIY sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan-kebijakan dari hasil pengawasan tersebut, Senin (26/03) di Gedhong Pare Anom, Kepatihan, Yogyakarta.

“Setiap tiga bulan sekali, pemerintah daerah DIY dikumpulkan oleh Gubernur DIY untuk mengevaluasi dan melihat permasalahan-permasalahan. Termasuk juga kabupaten/kota se-DIY dilakukan evaluasi terkait dengan semua hal yang terjadi. Evaluasi tersebut untuk menginformasikan terkait dengan peningkatan kabupaten/kota yang tujuannya untuk mencapai pencapaian yang diharapkan,” ungkap Wakil Gubernur DIY.

Wakil Gubernur DIY menambahkan, sebaiknya ada pembinaan dalam menangani permasalahan yang sering ditemui di lapangan. Agar perangkat pemerintah daerah tidak meremehkan evaluasi yang sudah disampaikan. Sehingga permasalahan yang sudah terjadi tidak terulang kembali.

Kepala Perwakilan (BPKP) DIY, Slamet Tulus Wahyana menyampaikan, setiap tahun BPKP melakukan pengawasan dalam 4 fokus. Keempat fokus tersebut mengenai pengawalan pembangunan nasional, terkait dengan peningkatan kontribusi ruang fiskal, pengamanan aset negara maupun daerah, dan perbaikan tata kelola pemerintah daerah.

“Untuk perbaikan tata kelola di DIY sudah bagus untuk tahun 2017. Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sudah masuk kedalam level 3 yang artinya sudah bagus. Kecuali Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo yang masih level 2. Dengan adanya laporan yang kami sampaikan, Pemerintah Kabupaten/Kota bisa menjadikan laporan ini sebagai bahan untuk mendorong dan mengikuti jejak yang lain,” tambah Kepala Perwakilan BPKP DIY.

Slamet Tulus Wahyana melanjutkan, untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di DIY untuk seluruh Indonesia sudah mendapat nilai A. Untuk pencapaian secara umum memang bagus, tetapi dalam melakukan evaluasi masih ditemukan hal-hal yang menjadi kekurangan termasuk Dana Desa di Kabupaten/Kota DIY. (ny)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: