23 Okt 2021

Mangut Lele Mbah Marto

Jika menyebut kata mangut lele, di Kawasan Bantul, Yogyakarta terdapat mangut lele legendaris, yaitu Mangut Lele Mbah Marto. Tepatnya terletak di Dusun Nggeneng, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul.

Tempatnya "blusuk" Lur, tapi dijamin terbayarkan oleh cita rasa mangut lele yang nikmat. Ditemani pula dengan sajian gudeg khas Jogja dan garang asem.

Selain cita rasa masakan yang lezat, cara penyajiannya juga unik. Jika berkunjung ke Mangut Lele Mbah Marto, sedulur bisa langsung mengambil makanan di dapur. tercium aroma asap dari pawon kayu bakar, serasa di dapur nenek.

Mbah Marto mulai berjualan keliling hingga kota Yogyakarta dengan menggendong bakul dan kuali tanah liat. Berjalan kaki melewati kampung-kampung. Lalu, sekitar jam 4 sore biasanya sudah sampai di perempatan Tamansari, Ngasem, bahkan Pasar Beringharjo, dengan rute dari Panggungharjo.

Pada tahun 1989 ia mulai berjualan di rumahnya sendiri. Hingga saat ini di usia senjanya pun, Mbah Marto masih ikut membantu memasak di warung mangut lele bersama dengan anggota keluarganya.

Usaha keras memang tidak mengkhianati hasil, Lur. Sekarang, istilah sepi pengunjung tidak berlaku di warung Mangut Lele Mbah Marto. Bagi Sedulur yang belum pernah mencoba, tunggu apalagi?

Bagaimana kualitas berita ini: