05 Feb 2024
  Humas DIY Berita,

Melokal Dengan Batik, Titik Terang Perpaduan Inovasi Digital dan Kearifan Lokal

Yogyakarta (05/02/2024) jogjaprov.go.id – Komitmen TikTok dan Tokopedia untuk mendukung potensi lokal melalui warisan budaya terwujud melalui Shop Tokopedia. Kolaborasi Tokopedia dan TikTok menghadirkan program #MelokalDenganBatik yang menjadi titik terang baru dalam perpaduan inovasi digital dan kearifan lokal.

Asisten Setda DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat, Sugeng Purwanto saat membacakan sambutan Gubernur DIY pada acara Melokal dengan Batik, Senin (05/02) menyampaikan, kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia melalui inisiatif #MelokalDenganBatik merupakan bukti bahwa digitalisasi dan pemberdayaan UMKM dapat berjalan. Hal tersebut seiring membukanya jalan bagi peningkatan pemasaran digital dan penjualan yang signifikan.

“Melalui Program Pengembangan yang telah diinisiasi, kita melihat upaya konkret dalam penguatan rantai pasok batik lokal, yang tidak hanya berfokus pada peningkatan produksi dengan pemberian mesin cetak dan desain batik, tapi juga meliputi pendanaan, pelatihan keterampilan digital, dan dukungan pemasaran yang komprehensif,” ungkap Sugeng di Hotel Tentrem, Yogyakarta.

Ditambahkan oleh Sugeng, peran e-commerce dalam mendukung peningkatan perekonomian masyarakat tidak bisa diabaikan. Berbagai data dan informasi menunjukkan, bahwa platform e-commerce telah menjadi jembatan penting yang menghubungkan produk lokal dengan pasar yang lebih luas. Tidak hanya di Indonesia tapi juga di kancah internasional. Hal ini membuka peluang yang sangat besar untuk pelestarian dan kreasi budaya batik, sekaligus meningkatkan kesejahteraan para perajin dan pelaku UMKM.

“Oleh karena itu, melalui acara Melokal dengan Batik ini, saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi. Saya berharap, inisiatif ini dapat terus berkembang dan merambah lebih banyak daerah lagi di Indonesia, meningkatkan perekonomian melalui pelestarian dan kreasi budaya batik kita yang sangat kaya ini,” imbuh Sugeng.  

Pada acara tersebut juga bersamaan dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Shop Tokopedia dengan Institute Seni Indonesia Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan teknologi pendukung produksi dan pinjaman modal usaha oleh Shop Tokopedia kepada pelaku usaha UMKM.

Melissa Siska Juminto selaku President of Tokopedia mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan edukasi dan menggalang partisipasi pelaku UMKM, khususnya produsen batik lokal. Selain itu, juga guna mendukung upaya pemerintah dalam hal pemberdayaan dan hilirisasi UMKM.

Dikatakannya, program #MelokalDenganBatik ini berusaha untuk merangkul dan mengajak para pengrajin batik. Hal ini diharapkan untuk dapat ikut serta dalam meningkatkan performa dari bisnis UMKM. Tokopedia Shop ini memang menjadi sudah komitmen guna mendukung potensi local melalui warisan budaya Indonesia.

Kampanye #MelokalDenganBatik ini, tidak hanya meningkatkan minat terhadap batik melalui shoppertainment dan konten yang menghibur serta informatif, tapi juga membuka akses yang lebih luas bagi para pelaku UMKM batik, untuk meningkatkan penjualan dan eksposur mereka. “Ini menjadi momen dimana kita menyatukan kekuatan untuk mendukung para pelaku UMKM, dalam merambah pasar yang lebih luas melalui e-commerce,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh GKBRAy A. Paku Alam dan Srie Nurkyatsiwi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY. Di akhir acara, Gusti Putri pun menyempatkan untuk mengunjungi beberapa booth produk lokal batik UMKM dan melakukan proses membatik bersama pengrajin batik lokal. Gustri Putri juga menyampaikan apresiasinya, karena adanya kampanye #MelokalDenganBatik ini dapat menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi UMKM batik dan ekonomi lokal Indonesia. (ham/ip/stt)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: