06 Jun 2024
  Humas DIY Berita,

Mengenang Jiwa Sang Penyair Joko Pinurbo

Yogyakarta (05/06/2024) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menghadiri acara Umbul Dungo Mengenang 40 Hari Joko Pinurbo pada Rabu (05/06) di Monumen Serangan Umum 1 Maret, Yogyakarta. Selain itu, Sri Sultan pun turut membacakan puisi karya Joko Pinurbo yang berjudul Kota Kecil. 

Dengan khidmat, Sri Sultan membacakan setiap bait demi bait puisi yang sarat makna. Seperti menyampaikan pesan yang disampaikan Joko Pinurbo melalui setiap kata yang tertata dalam puisinya. 

Pada kesempatan yang sama, Sri Sultan didampingi Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi secara seremonial menyerahkan patung mendiang Joko Pinurbo karya Asosiasi Pematung Indonesia (API) Yogyakarta. Hal ini sebagai bentuk wujud apresiasi bagi mendiang Joko Pinurbo atas dedikasi dan karyanya selama ini. 

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, mengatakan bahwa acara ini merupakan bagian dari apresiasi Pemda DIY kepada Joko Pinurbo, sebagai salah satu penerima anugerah tokoh kebudayaan Gubernur DIY. Serta cukup banyak pula jasa yang telah disumbangkan dan didedikasikan kepada DIY. 

“Satu hal yang menjadi pemikiran kami Pemda DIY adalah cukup banyak jasa yang telah beliau sumbangkan kepada DIY, baik langsung maupun tidak langsung melalui kesastrawanan beliau terkait dengan puisi. Salah satu yang bisa kita lihat ya yang ada di Teras Malioboro,” ungkap Dian. 

Dian berharap, dengan melihat semangat dan spirit beliau akan semakin menguatkan karakter dan jadi diri kita semua. Itu menjadi salah satu yang dapat diwariskan oleh Joko Pinurbo kepada seluruh komunitas sastrawan dan generasi muda saat ini. 

Istri mendiang Joko Pinurbo (Jokpin), Nuraini Amperawati Firmina, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemda DIY dan semua pihak, yang telah sangat mengapresiasi karyanya hingga saat ini. Ia pun mengatakan malam ini menjadi momen yang penuh syukur bagi keluarga besar Joko Pinurbo, karena telah dipertemukan dengan seluruh lapisan masyarakat penikmat puisi Jokpin. 

“Bagi kami ini menjadi malam yang tak terlupakan. Karena hari ini bertepatan dengan 40 hari Joko Pinurbo. Mas Joko benar-benar sudah menjadi kenangan bagi kami. Kenangan seperti apa itu tergantung pada pribadi masing-masing dan bagaimana tingkat relasinya terhadap Joko Pinurbo,” ucap Nuraini. 

Acara ini turut dihadiri oleh Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan, jajaran Forkopimda DIY, para Kepala OPD DIY serta Keluarga Joko Pinurbo. Hadir pula para Praktisi Kebudayaan, Sastrawan, dan Seniman di DIY. (ham/ts/ip)

Humas Pemda DIY 

 

Bagaimana kualitas berita ini: