31 Mei 2023
  Humas DIY Berita,

Menuju Indonesia Cerdas, Wajib Menjaga Marwah dan Etika Insan Pendidik

Yogyakarta (31/05/2023) jogjaprov.go.id – Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono secara resmi melantik 5 Kepala Sekolah dan Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Daerah DIY berdasarkan keputusan Gubernur DIY Nomor 180 dan 181/PEM.D/UP/D.4 dan 182/PEM.D/UP/D.4.

Kepala sekolah dan guru diwajibkan senantiasa menjaga marwah dan etika dalam segala perbuatannya, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Perlu diperhatikan bahwasanya insan pendidik harus menjadi role model ideal bagi para siswa, tidak hanya melaksanakan tugas mulia dan melaksanakan knowleage transfer.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono dalam sambutannya pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala sekolah dan jabatan fungsional pengangkatan pertama di lingkungan Pemda DIY, pada Rabu (31/05) di Wiyata Praja, kompleks Kepatihan Yogyakarta.

“Perlu disadari sepenuhnya bahwa fitrah seorang guru adalah menjadi sosok yang di gugu dan di tiru yang berarti cara berfikir dan karakter seorang murid bisa menjadi cerminan atau replikasi dari para pendidiknya,” jelasnya.

Disampaikan pula bahwasanya guru adalah salah satu wajah pendidikan dan budi pekertilah yang menjadi ruh pendidikan di Indonesia. Apalagi guru merupaka sumber pengetahuan yang berjalan dimana setiap orang dapat menyerap ilmu darinya.

Menurut Beny, insan pendidik harus senantiasa arif dan bijak dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan bermasyarakat terutama di era teknologi saat ini. Dimana rekam jejak digital dapat menjadi jerat atas ucapan maupun perbuatan.

“Dengan harapan seperti itulah saya mewakili Pemerintahan Daerah DIY turut berbahagia atas momentum pengambilan sumpah jabatan bagi 5 Kepala Sekolah dan 155 Pejabat fungsional pengangkatan pertama pada hari ini.” ungkapnya

Beny berharap, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridhoi dan menunjukkan jalan lurusnya dalam setiap upaya yang dilakukan untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa dan setiap pengabdian kepada masyarakat dan negara.

Turut hadir serta dalam acara pelantikan ini KepalaKKantor Regional 1 BKN Yogyakarta, Asisten Sekda, Staf ahli Gubernur, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah DIY, Kepala Balai Dikmen Kabupaten Kota se DIY dan Ketua ikatan jabatan fungsional DIY. (Dp/Hery/Indra)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: