28 Agt 2024
  Humas DIY Berita,

Minimalisir Kematian Ibu dan Anak, Presiden Resmikan Gedung Yankes RS Sardjito

Sleman (28/08/2024) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X  mendampingi Presiden RI Joko Widodo meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta pada Rabu (28/08). Kehadiran gedung pelayanan kesehatan (yankes) nan megah bak hotel bintang lima yang dilengkapi peralatan modern ini diharapkan dapat mengurangi dan meminimalisir sebanyak mungkin kematian ibu dan anak di Indonesia.

Presiden Jokowi mengapresiasi pembangunan gedung yankes ibu dan anak di RS Sardjito Yogyakarta yang diharapkan bisa menjadi contoh manajemen rumah sakit yang dikendalikan semua secara digital. Mengingat prevalensi kematian ibu dan anak di Indonesia sangat tinggi dibandingkan dengan negara -negara di Asia Tenggara.

" Kita tahu kematian ibu di negara kita itu ranking ke-9 dari 10 negara di ASEAN. Kematian anak itu ranking ke-7 dari 10 negara di ASEAN. Artinya sangat tinggi sekali sehingga saya mengapresiasi pembangunan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak dari RS Sardjito. Delapan lantai, menghabiskan anggaran Rp267 miliar gedungnya dan peralatannya Rp 240 miliar, plus untuk persiapan SDM Rp 50 miliar," tutur Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengaku sangat terkesan melihat semua peralatan sangat modern, digital dan sangat modern saat memasuki gedung yankes khusus tersebut. Menurutnya gedung yankes ibu dan anak ini akan menjadi contoh bagaimana manajemen sebuah rumah sakit yang dikendalikan dan semuanya digital.

" Kalau kita masuk, juga tidak seperti rumah sakit, (tapi) seperti masuk hotel bintang lima. Bapak, Ibu enggak percaya, nanti silakan masuk, melihat sendiri. Saya kaget. Kita harapkan dengan pembangunan rumah sakit ini, pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak semakin baik sehingga kematian keduanya bisa kita kurangi dan minimalis sekecil mungkin," tandasnya.

Kepala Negara menyebut ada 12 rumah sakit yang segera diresmikan dengan standar seperti rumah sakit seperti gedung kesehatan untuk pelayanan ibu dan anak dari RS Sardjito Yogyakarta ini. Kehadiran gedung yankes ibu dan anak ini baru merupakan salah satu contoh yang semestinya juga ada di provinsi lainnya.

"Kemenkes telah mengirim banyak peralatan kesehatan modern seperti MRI dan sebagainya ke RSUD di provinsi maupun di Kabupaten/Kota dalam dua tahun terakhir ini. Jika fasilitas-fasilitas kesehatan bisa ditingkatkan seperti itu, saya kra tidak hanya stunting dan sebagainya, semua bisa dikurangi," ungkap Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melaporkan gedung megah dengan 8 tingkat ini dibangun dengan pinjaman dari The Islamic Development Bank (IsDB).. Rinciannya Rp 260 miliaran untuk bangunan, Rp 249 miliar untuk alat dan untuk pengembangan SDM Rp 50 miliar. Jadi setiap paket pembangunan ada alokasi dana untuk pengembangan SDM.

" Gedung ini 253 kamar pak. Jadi begitu dikasih 253 kamar saya sebagai bankir targetnya ibu naik Rp 253 miliar setahun karena harusnya satu kamar bisa menghasilkan Rp 1 miliar per tahun. Ini merupakan satu dari 12 rumah sakit yang dibangun sesudah pandemi terkontrol di zamannya Pak Jokowi. Kami mohon doa restunya supaya rumah sakit dan pelayanan makin bagus," papar Menkes Budi Gunadi.

RS Sardjito menjadi salah satu dari 6 RS Vertikal yang diusulkan Kemenkes untuk memperoleh Pinjaman Luar Negeri (PLN) dari IsDB. Pembangunan gedung pelayanan ibu dan anak telah dimulai sejak 2022 dan merupakan bagian dari proyek "The Strengthening of National Referral Hospitals and Vertical Technical Units" dengan anggaran senilai Rp 500 miliar.

Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Sardjito ini dibangun dengan luas bangunan 22.694 meter persegi. Bangunan terdiri dari 7 lantai dan 1 lantai lower ground, serta terdiri dari Ruang Rawat Inap 140 Tempat Tidur dan Intensive Care sebanyak 130 Tempat Tidur.

Gedung ini mengusung konsep green building dengan mengoptimalkan energi listrik, lahan hijau, pemanfaatan air limbah, dan lain-lain. Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Sardjito merupakan implementasi dari transformasi layanan rujukan Kemenkes melalui upaya peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak yang terintegrasi. (Fn/Rcd/Wp/Yd/Tf)

Human Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: