23 Mei 2022
  Humas DIY Berita,

MTQ DIY 2022 Wujudkan Karakter Quráni

Yogyakarta (21/05/2022) jogjaprov.go.id – Tahun 2022 ini, DIY kembali menggelar kejuaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi yang diikuti oleh oleh kafilah dari Kabupaten/Kota dan rekomendasi dari LPTQ. Keseluruhan peserta berjumlah  220 Kafilah yang terdiri dari 112 putera dan 108 puteri.

Kejuaraan MTQ DIY tahun 2022 ini dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Pemerintahan Maladi pada Jumat (20/05) di Unit VIII, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Cabang dan golongan yang dilombakan terdiri dari 20 jenis yang meliputi Cabang Tilawatil Qur’an Golongan Anak-anak, Golongan Remaja dan Golongan Dewasa. Kemudian ada Cabang Tilawatil Qur’an Tartil Qur’an dan Qiro’ah Mujawwad. Cabang  Tahfidz  Qur’an 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz. Ada juga Cabang Tafsir Golongan Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Cabang Syarhil Qur’an (MSQ), Cabang Fahmil Qur’an (MFQ) dan Cabang Karya Tulis Al Qur’an  (KTIQ). Ada Cabang Khoth Golongan Penulisan Naskah, Golongan Hiasan Mushaf, Golongan Dekorasi dan Golongan Kontemporer. Sementara untuk Dewan Hakim berjumlah 82 orang.

MTQ Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 20 sd. 21 Mei 2022, yang diawali dengan Musyda LPTQ Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 20 Mei 2022. Kegiatan MTQ Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022 dilaksanakan di 3 tempat yaitu Komplek Pemda Kepatihan, Kanwil Kemenag DIY  dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Mengambil tema “Mewujudkan Umat Berkarakter Qur’ani, Sehat dan Harmoni dalam Keragaman’’, acara berlangsung dengan khidmat dan lancar. Hasil dari kejuaraan ini adalah Cabang Tilawah Golongan Dewasa Putra Juara I Tantan Qital Burozi dari LPTQ. Juara II Chalwan Syafingi dari Sleman, Ahmad Alfin Fauzi dari Gunungkidul.

Kategori Cabang Tilawah Golongan Dewasa Putri dimenangkan oleh Juara 1 dan seterusnya, Muftihatul Muna dari Sleman, Fikani Siti Mahmudah dari Kota Yogyakarta, Fatwa Arvi Utami dari Kulonprogo dan Memen Melati Nuriana dari Gunungkidul. Cabang Tilawah Golongan Remaja Putra dimenangkan oleh Yusuf ramadhan dari Bantul, Zulfikar Labib Ezzad dari Sleman, Adnan Syaib Wafa dari Kota Yogyakarta dan Muhammad Lintang dari Kulonprogo. Cabang Tilawah Remaja Putri dimenangkan oleh Iffah Munifah Zahroh Muna dari Kota Yogyakarta, Afnani Rosyida dari Sleman, Azahra Luthfiana Fauzia dari Kulonprogo, dan Zidni An Nasa Nidai dari Bantul.

Acara kejuaraan ini ditutup pada Ahad (22/05) di Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta oleh Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf (Penais Zawa) Kanwil Kemenag DIY, Sigit Warsita. Gelaran kejuaraan ini berlangsug lancar dan diharapkan mampu melahirkan generasi islami yang mampu mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan lebih toleran. (uk)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: