11 Jul 2024
  Humas DIY Agenda Kegiatan,

Musda Sebagai Evaluasi Kebijakan Organisasi

Yogyakarta (11/07/2024) jogjaprov.go.id – Musyawarah Daerah merupakan koordinasi internal untuk menentukan arah dan kebijakan organisasi ke depan, serta sebagai ajang evaluasi dan refleksi atas pencapaian yang telah diraih dan rencana strategis menghadapi tantangan masa depan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono saat memberikan sambutan mewakili Gubernur DIY pada acara Musyawarah Daerah (Musda) ke IV Persatuan Konsultan Indonesia (PERKINDO) DIY, Kamis, (11/7).

"Musda kali ini sangat penting bagi PERKINDO DIY dalam menentukan arah kebijakan organisasi kedepannya” ujar SEKDA DIY. Beny berharap PERKINDO DIY semakin banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak baik pemerintah swasta maupun masyarakat. “Saya yakin dengan hubungan yang baik dapat membangun Yogyakarta yang lebih baik lagi” tambahnya 

Beny juga mengatakan harapan kedepannya dari adanya Musda ini adalah dapat menghasilkan keputusan-keputusan positif untuk PERKINDO DIY dan mengajak PERKINDO seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan pelayanan, sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik dalam pembangunan daerah.

Pada musda yang mengusung tema ‘Profesionalisme Jasa Konsultan Dalam Revolusi 5.0’ ini, Ketua Umum DPP PERKINDO, Nunus Nugroho menyampaikan era digital adalah era tidak kasat mata, karena semua dilakukan dengan akal sehingga tercipta produk-produk yang mempunyai kecerdasan seperti artificiaI intelligence (AI) “Saya berharap teman-teman dapat memanfaatkan trend ini untuk jasa konsultasi di aspek digital” ujar Nunus.

Selain itu, Nunus menyarankan untuk berjualan produk-produk di e-commerce kemudian ditawarkan, dan tidak lupa untuk memposting bisnis usaha sebagai bentuk branding dengan memanfaatkan media sosial yang ada.

Saat ini anggota PERKINDO DIY yang memiliki KTA sudah mencapai 129 badan usaha dan secara aktif telah mengalami berbagai macam tantangan terutama saat pandemic Covid-19, namun dapat bertahan sampai saat ini.

Tantangan sekarang adalah bagaimana dapat berkompetisi secara sehat, seperti adanya kolaborasi pusat dengan daerah, daerah dengan stakeholders, yang membuat relasi semakin kuat. "Meskipun PERKINDO sudah diakui, tetapi harus tetap terus melakukan quality improvement untuk menghasilkan gagasan ide yang baru dengan melalui Musda ini" tutupnya.(sis/el)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: