16 Nov 2021

Museum Dewantara Kirti Griya

Ki Hadjar Dewantara mendirikan

agar generasi muda akan dapat mempelajari, memahami, dan kemudian mewujudkan nilai-nilai yang terkandung kedalam tata kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sejak awal berdirinya, Museum Dewantara Kirti Griya merupakan museum memorial, yakni suatu tempat/rumah bekas kediaman seorang tokoh penting yang patut diabadikan dalam sejarah bangsa. Di dalam museum ini disajikan gambaran riwayat hidup dan sejarah perjuangan Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan dan Pahlawan Nasional.

Tata pameran di Museum DewantaranKirti Griya merupakan pameran tetap, yang menggambarkan keseharian Ki Hadjar Dewantara sebagai Pahlawan Nasional, Bapak
Pendidikan, pendiri Perguruan Tamansiswa.

Setiap sikap laku, keunikan-keunikan Ki Hadjar Dewantara dan kesederhanaan beliau dapat dilihat dari susunan tata letak koleksi yang disajikan dalam museum.

Pada bulan Agustus 2016 atas bantuan dan arahan dari Mr. Andrew,Henderson (konsultan Museum dari UNESCO), dari arahan beliau display koleksi dibuat secara tematik. Ada enam ruangan dari bangunan rumah tersebut yang masing-masing ruangan dengan alur cerita yang menggambarkan perjuangan KHD dari awal hingga akhir hayatnya.

Bagaimana kualitas berita ini: