21 Jun 2018
  Humas Berita,

Open House, Tanda Kedekatan Sultan dengan Masyarakat

Yogyakarta (21/06/2018) jogjaprov.go.id - Seperti tahun-tahun sebelumnya, tepat pada hari pertama masuk kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, open house digelar. Kegiatan yang juga menjadi ajang Syawalan ini tampak makin diminati masyarakat, bahkan yang dari luar DIY.

“Kelihatannya tahun ini animo masyarakat lebih banyak daripada tahun lalu. Kami lihat tadi sudah banyak yang datang bahkan sejak jam 08.00. Ini juga banyak dari masyarakat sekitar Malioboro, masyarakat pasar, nahkan yang dari jauh-jauh, sampai pakai bus datangnya,” ujar Kepala Bidang Humas Pemda DIY Iswantoro, SH, M.Kes.

Ditemui di sela pelaksanaan open house Pemda DIY di Bangsal Kepatihan pada Kamis (21/06), Iswantoro menuturkan, tahun ini disediakan 4.000 porsi makanan yang dapat dinikmati masyarakat yang datang. Pemda DIY menyiapkan empat menu spesial, yakni soto ayam, nasi merah, bakmi Jawa, dan aneka jenang.

“Menu yang sama pun kami siapkan untuk para tamu VIP. Namun memang tempatnya kami pisahkan. Kami sediakan 4.000 porsi karena biasanya jumlah masyarakat yang datang sekitar 3.500-4.000 orang,” paparnya.

Iswantoro menambahkan, penyelenggaraan open house tersebut juga nanti akan dievaluasi. Melalui Biro Umum Pemda DIY, evaluasi dilakukan untuk melihat adanya kekurangan atau perlunya penambahan fasilitas untuk penyelenggaraan open house tahun berikutnya.

“Bagi DIY yang memiliki keistimewaan, Gubernur juga merupakan Sultan atau Raja Kraton Ngayogyakarta, jadi kegiatan seperti ini juga penting artinya. Open house ini merupkaan wujud nyawiji antara Sri Sultan dan Sri Paduka bersama istri, termasuk pejabat terhadap kawulo. Atau wujud kedekatan antara pimpinan dengan masyarakatnya,” jelas Iswantoro.

Tak hanya masyarakat DIY, masyarakat dari luar DIY bahkan dari luar Jawa juga banyak yang turut antre untuk bisa bersalaman dengan Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY. Di hari pertama masuk kerja ini, bagi ASN Pemda DIY pun sudah masuk seperti biasa. Namun dikarenakan adanya open house, ASN diberi kelonggaran untuk datang di syawalan ini.

“Prinsipnya mulai hari ini ASN sudah siap bekerja sebagai mana biasanya. Tiap OPD sudah berkoordinasi dengan Inspektorat dan BKD,” imbuhnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, open house tersebut merupakan ajang silaturahmi dengan masyarakat. “Ini sudah biasa setiap tahunnya. Kebetulan libur saja jadi banyak yang datang,” imbuh Sultan. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: