03 Mar 2023
  Humas DIY Berita,

Pansel Sekda DIY akan Serahkan 3 Nama Kepada Gubernur

Yogyakarta (03/03/2023) jogjaprov.go.id – Proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah (Sekda) DIY telah sampai pada tahap uji gagasan atau wawancara pada Jumat, (03/03). Setelah sebelumnya telah menjalani tahap seleksi administrasi, uji kompetensi dan penulisan makalah pada bulan Februari 2023. Tujuh calon yang terpilih melakukan uji gagasan atau wawancara bersama Panitia Seleksi (Pansel) Sekda DIY.

“Jadi tadi pagi pukul 09.00 WIB, Pansel berkunjung ke Ngarsa Dalem karena tugas Pansel ini adalah mencarikan calon Sekda bagi Gubernur,” ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro. Bersama dengan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, rombongan Pansel terlebih dahulu bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedong Wilis, Kompleks kepatihan, Danurejan, Yogyakarta.

Suhajar menyebutkan jika Gubernur DIY sepenuhnya menyerahkan proses seleksi kepada pansel. Hingga akhirnya nanti akan dipilih 3 orang dari 7 calon yang ada. “Kita mencarikan Sekda yang klop dengan Gubernur, yang cocok, karena itu kita harus tahu Gubernur punya kriteria apa, yang kami bantu mencarikan 3 orang dari 7 pelamar.  Mau yang bagaimana yang cocok (dengan Gubernur),” terang Suhajar.

Dari seluruh proses penilaian yang dilakukan, nilai dari setiap peserta akan digabung, kemudian diperingkatkan menjadi tiga tertinggi. Selanjutnya akan diajukan ke Gubernur DIY untuk kemudian diajukan ke Tim Penyeleksi Akhir (TPA). Tim TPA akan menyampaikan surat kepada Gubernur DIY terkait Sekda terpilih.

Suhajar menerangkan jika seorang Sekda adalah seumpama leher pada tubuh manusia.  Suhajar mengutip teori Mintzberg untuk menggambarkan pola keorganisasian pemerintahan. Dia menjelaskan, organisasi perangkat daerah seperti tubuh manusia. Kepala Daerah atau Gubernur berada di bagian kepala, Sekda berada di bagian leher,  badan staf (Bappeda, BKD, BPKA) adalah tangan (handling management) yang melayani organisasi dan Dinas adalah bagian kaki (operational management). “Nah Sekda ada di leher, untuk menjembatani kepala dengan seluruh tubuh,” ungkap Suhajar.

Sebagai informasi, tujuh calon Sekda DIY yang lolos pada tahap seleksi akhir di adalah Beny Suharsono (Kepala Badan Perencanaan Pembangunan DIY); Kuncoro Cahyo Aji (Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY); Singgih Raharjo (Kepala Dinas Pariwisata DIY); Srie Nurkyatsiwi (Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY); Sugeng Purwanto (Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY); Sukamto (Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Sekretariat Daerah DIY); dan Tri Saktiyana (Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan). (Wd/Jhn/Hr)

Bagaimana kualitas berita ini: